Selasa, 17 Maret 2015

Harga Yamaha Jupiter MX King 150cc dan detail spesifikasinya

Harga Yamaha Jupiter MX King 150cc dan detail spesifikasinya. Yamaha tampaknya memang belum akan mengendurkan intensitas persaingannya terhadap sesama produsen sepeda motor di tanah air. Bahkan produsen otomotif asal Jepang yang di cetus oleh Torakusu Yamaha lebih dari se-abad lalu tersebut kini justru nampak semakin agresif dalam mengeluarkan produk-produk terbarunya di Indonesia dari berbagai segmentasi pasar.

Ya, tak bisa dipungkiri jika Indonesia memang masih menjadi salah satu target pangsa pasar paling besar bagi industri otomotif di Asia, khususnya sepeda motor. Tercatat penjualan motor sport Yamaha VS Honda semester I tahun lalu dengan rentang periode Januari hingga Mei tercatat penjualan tertinggi masih dipegang oleh Yamaha dengan total penjualan sebesar 222.142 unit (Vixion, Byson, R15, Scorpio Z). Sedangkan Honda hanya mampu menjual sebanyak 197.101 Unit (CB150R, Verza, MegaPro, CBR).

Unggulnya Yamaha di segmen motor gambot tentu tak membuat produsen sepeda motor berlogo garpu tala ini puas. Hal tersebut semakin dipertegas dengan hadirnya 3 varian baru dari kelas bebek dan skutik yang sudah menggunakan teknologi terbaru dari Yamaha, Blue Core. Di kelas skutik hadir All New Soul GT, NMAX dan TMAX, sedangkan dari kelas bebek sport, Yamaha menghadirkan varian Yamaha Jupiter dengan aura sport yang kental dan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu Yamaha Jupiter MX King 150 dan Yamaha Jupiter MX 150.

Jangan lewatkan ulasan lainnya: #Harga Kawasaki Ninja series terlengkap

Kehadiran motor bebek sport dari Yamaha ini tentu menjadi berita yang ditunggu-tunggu dan membuat masyarakat penasaran. Seperti apa sih penampilan Yamaha Jupiter MX King 150, harga dan spesifikasinya?. Yuk kita simak ulasannya.

Jupiter MX King 150 dan Jupiter MX 150
Jupiter MX King 150 dan Jupiter MX 150

Test Drive Yamaha Jupiter MX King 150 di Sentul Karting

Jupiter MX King 150cc mulai diperkenalkan Yamaha pada Kamis 12 Maret lalu yang kemudian diikuti dengan sesi test drive yang berlokasi di sirkuit Sentul Karting, Bogor Jawa Barat. Seorang kru dari stasiun tv Metrotv yang kebetulan hadir pun kemudian langsung menjajal Jupiter MX King 150 di sepanjang lintasan karting tersebut. Melahap beberapa putaran, ia pun kemudian memberikan penjelasan teknis.

Kesimpulan Hasil Test

Posisi riding
Posisi riding cukup nyaman dengan posisi stang yang agak menjorok ke bawah. Handling ringan dan stabil meskipun digeber dengan kecepatan hingga diatas 100 km/jam.

Top speed dan RPM
Kecepatan puncak Jupiter MX King standar pabrik mampu menembus angka 117 km/jam (data Yamaha Indonesia) dengan kisaran perbandingan konsumsi bahan bakar 1:49,8 km/liter. Jupiter MX King dan Jupiter MX 150 sama-sama memiliki putaran mesin yang dibatasi yaitu mentok di angka 7.000 RPM.

Akselerasi
Soal kemampuan berakselerasi, nampaknya motor bebek sport bertenaga 15,1 hp dengan torsi 13,8 Nm ini terasa enteng saat gas di betot. Tentu saja hal ini dikarenakan final gear MX King sedikit lebih besar daripada V-ixion dengan perbandingan ukuran 14-44 untuk Jupiter MX King dan 14-43 untuk V-Ixion.

Transmisi dan nafas mesin
Pola pengoperan gigi atau persneling motor bebek yang mengusung 5 kecepatan ini sama dengan motor sport pada umumnya yaitu gigi-1 yang dioper kedepan dan gigi-2 hingga gigi-5 ke bagian belakang. Tarikan nafas bebek sport ini terbilang cukup panjang karena dipengaruhi oleh final gear yang lebih besar.

Lebih lincah
Jika di pandangi sekilas memang tampak sedikit "keunikan" dari motor ini yang disebabkan oleh penggunaan ban dengan ukuran yang cukup jauh antara ban depan dan belakang yakni dengan ukuran 70/90-17 pada ban depan dan 120/70-17 untuk ban belakang. Perbedaan kedua ban ini disinyalir dapat memberikan kestabilan serta kelincahan saat menikung yang lebih optimal mengingat Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki rangka yang lebih ringan.

Menarik untuk disimak: #Harga Yamaha R25

Harga Jupiter MX King 150

Jupiter MX King 150 memiliki perbedaan harga yang tipis dengan Jupiter MX 150, yaitu hanya berkisar sebesar 500 ribu rupiah. Untuk Jupiter MX King 150, Yamaha membanderolnya dengan harga 18,95 juta rupiah sedangkan Jupiter MX 150 dibanderol seharga 18,45 juta rupiah.

Varian Warna

Varian warna Jupiter MX King 150 yang tersedia antara lain Hitam (Drift Black), Merah ( Red King) dan Putih (Speedy White).


Varian warna Jupiter MX King 150
Varian warna Jupiter MX King 150
Sedangkan warna Jupiter MX 150 antara lain Hitam (Black Sniper), Merah Putih (Red Corner), dan Putih Biru (Racing Blue) khas Yamaha.

Varian warna Jupiter MX 150
Varian warna Jupiter MX King 150

Spesifikasi Jupiter MX King 150

  • Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi : 1970mm X 670mm X 1080mm
Jarak terendah dari tanah: 135mm
Tinggi tempat duduk: 780mm
Jarak antara sumbu roda: 1240mm
Berat isi: 116 kg
Kapasitas tangki: 4,2 Liter

  • Mesin

Mesin : 4 stroke, SOHC berpendingin cairan
Jumlah dan posisi silinder : Mono silinder dengan posisi tegak
Diameter x Langkah : 57mm X 58,7mm
Daya kompresi : 10,4 : 1
Sistem starter : Elektrik dan kick
Daya maksimum : 11, 3 kW/8500 rpm
Torsi maksimum : 13, 8 kW/7000 rpm
Sistem bahan bakar: Sistem injeksi (FI)
Transmisi : 5 speed
Pola operan transmisi : 1-Netral-2-3-4-5
Kopling : Kopling manual, basah, multiplat
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 1, 15 Liter / Berkala = 0, 9 Liter ; Ganti filter oli = 1, 00 Liter

  • Rangka

Jenis rangka : Backbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm
Rem depan : Disc brake tunggal
Rem belakang : Disc brake tunggal
Ban depan : 70/90-17 M/C (38P)
Ban belakang : 120/70-17 M/C (58P)

  • Kelistrikan

Sistem pengapian : TCI
Baterai/accu : GTZ4V/YTZ4V
Busi : NGK/CR8E

Nah, setelah membaca ulasan tersebut kira-kira apakah Anda tertarik untuk memiliki varian motor bebek sport terbaru dari Yamaha ini?. Silakan sampaikan komentar serta pendapat Anda melalui kotak komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *