Selasa, 03 Maret 2015

Ragam jenis batu akik motif dan bentuk gambar yang ada di Indonesia

Ragam jenis batu akik bentuk gambar motif yang ada di Indonesia. Membahas batu akik memang seakan tidak ada habisnya. Bahkan lebih dari itu, pengguna batu akik juga seakan tak terbatas pada usia atau golongan tertentu saja. Batu akik pun bisa dilihat digunakan oleh anak muda dan juga wanita yang umumnya digunakan sebagai hiasan busana atau aksesoris.

Ya, memang semenjak menjadi trend di Indonesia beberapa tahun yang lalu, geliat batu akik di negeri yang dijuluki "Zamrud Khatulistiwa" bukannya perlahan-lahan pudar akan tetapi malah menunjukkan antusiasme yang semakin besar.

Indonesia memang bukan hanya negara yang kaya akan kandungan mineral seperti minyak bumi, gas, batu bara dan berbagai macam jenis mineral lainnya akan tetapi juga kaya akan kandungan batu dan logam mulia yang memiliki nilai yang tinggi. Salah satunya adalah batu mulia atau batu akik yang kini tengah populer dan di gandrungi di masyarakat.

Selain beberapa jenis batu akik bernilai tinggi seperti batu bacan, giok, sapphire, fire opal, kalimaya, batu sisik naga serta beberapa jenis batu akik bernilai tinggi lainnya, ternyata batu akik gambar motif juga kini menjadi barang incaran kolektor maupun pecinta batu akik dengan nilai yang fantastis.

Beberapa diantaranya bahkan tembus hingga ratusan bahkan milyaran rupiah. Salah satunya adalah batu akik janggus yang memiliki motif naga yang sangat populer dan beritanya pernah dimuat di berbagai media.

Menarik untuk dibaca: #Batu akik terpopuler di Indonesia dan kisaran harganya

Daripada penasaran, yuk kita simak ragam jenis batu akik bentuk gambar motif yang terdapat di Indonesia berikut ini.

1. Batu akik motif koleksi Ibu Ani Yudhoyono
Mungkin banyak dari Anda yang telah mengetahui hobi unik dari mantan ibu negara Ani Yudhoyono yang gemar mengkoleksi batu akik. Beberapa batu akik motif koleksinya pun pernah di pajang di instagram miliknya, diantaranya yaitu 1 buah batu motif bendera merah putih dan dua batu akik dengan lafadz Allah.

Batu akik koleksi Ani Yudhoyono

2. Batu akik motif angka 8
Batu yang kedua adalah batu akik jenis junjung drajat dengan motif angka 8 yang terlihat begitu jelas dan sempurna.

Batu akik motif angka 8 jenis Junjung drajat

3. Batu akik motif anjing
Jika diamati dengan seksama, batu ini memiliki motif seperti gambar anjing lengkap dengan kepala, kaki serta ekornya. Namun pada bagian belakang batu akik jenis pancawarna ini memang tidak tampak terlalu sempurna.

Batu akik motif anjing

4. Batu akik motif huruf "R"
Anda memiliki nama dengan inisial huruf "R", maka batu ini cocok untuk dijadikan cincin ataupun liontin alami. Batu ini merupakan batu jenis pandan/pendant.
  
Batu akik dengan inisial huruf "R"

5. Batu motif kembang sepatu
Batu motif ini cukup indah dengan motif bunga sepatu dengan gradasi warna yang cukup kontras dan jelas. Jika diamati dengan seksama, memang motif yang begitu tampak adalah motif kembang sepatu lengkap dengan kelopak dan juga putiknya.

Batu akik dengan motif kembang sepatu

6. Batu akik motif lafadz Allah
Batu berikunya adalah batu dengan motif yang menyerupai lafadz Allah. Batu-batu ini terdiri dari 3 jenis batu yang berbeda, diantaranya yaitu batu silimanite/sulaiman, kinyang air dengan warna bening yang mengkilap dan juga pandan nanas.

Menarik untuk dibaca: #Cara mengkilapkan batu akik/batu mulia dengan cepat

Batu akik menyerupai lafadz Allah
Batu akik menyerupai lafadz Allah

Batu akik menyerupai lafadz Allah

7. Batu akik motif bola mata
Batu akik dibawah ini tampak menyerupai bentuk bola mata lengkap dengan retina dan pupilnya. Kalau dilihat dari bentuknya, sepertinya ini lebih menyerupai bola mata sapi daripada bola mata milik manusia. Menurut Anda bagaimana?.

Batu akik motif bola mata

8. Batu akik motif mobil
Batu motif unik berikutnya adalah batu dengan motif mobil. Motif mobil yang nampak pada batu akik jenis junjung drajat ini memang cukup terlihat dengan jelas, lengkap dengan ban depan dan ban belakangnya. Coba Anda perhatikan, cukup mirip bukan?

Batu akik dengan motif mobil

9. Batu akik motif Nyi Roro Kidul
Batu motif ini disinyalir menjadi salah satu batu motif yang paling mahal di Indonesia. Batu tersebut berjenis pancawarna dengan serat dan warna-warni yang khas.

Batu akik menyerupai motif Nyi Roro Kidul
Batu akik menyerupai motif Nyi Roro Kidul

10. Batu akik motif pemandangan
Apa yang Anda lihat jika memperhatikan motif gambar yang terdapat pada batu akik ini?. Ya, batu bakik ini menyerupai pemandangan pantai lengkap dengan matahari sore yang bersembunyi dibalik awan. Tampak di kejauhan ada 2 buah gunung dengan gradasi warna oranye dan coklat. Apakah Anda dapat melihatnya?.

Batu akik menyerupai motif pemandangan pantai

11. Batu akik motif Semar
Batu motif Semar berikut memang tidak terlalu nampak jelas, namun jika diperhatikan dengan seksama memang terlihat sosok yang menyerupai Semar, salah satu sosok tokoh dalam pewayangan Jawa.

Batu akik menyerupai motif Semar

12. Batu motif sisik ular
Batu berikutnya adalah batu dengan motif sisik. Sekilas nampaknya batu ini mirip dengan batu sisik naga Enrekang, namun motifnya sangat mirip dengan sisik ular yang menebal.

Batu akik menyerupai motif sisik ular

13. Batu akik motif tapak jalak
 Batu akik ini tergolong cukup unik yang membentuk tanda "+" tepat berada di tengah-tengahnya.

Batu akik menyerupai motif tapak jalak

14. Batu akik motif naga
Batu akik motif yang terakhir adalah batu Janggus gambar naga yang diklaim menjadi salah satu batu akik termahal di Indonesia. Beberapa sumber bahkan menyebutkan jika batu ini memiliki harga yang fantastis, yakni seharga 18 milyar rupiah.

Menarik untuk dibaca: #Batu akik Janggus motif naga

Batu akik motif naga

Nah, itulah beberapa batu akik dengan gambar dan motif yang unik. Bagaimana menurut Anda, apakah motif tersebut sudah sesuai dengan interpretasi kebanyakan orang?.

Masih terdapat begitu banyak batu motif lainnya yang semuanya belum dapat di ulas secara lengkap pada kesempatan kali ini namun kita akan membahasnya di lain kesempatan. Bagi Anda yang memiliki batu akik motif dan ingin berbagi bersama dengan pembaca lainnya, silakan berkomentar melalui halaman Facebook berjibaku.com atau bisa dengan form komentar yang sudah disediakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *