Kamis, 12 Maret 2015

5 jenis tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan di kebun depan rumah

Jenis tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan di kebun depan rumah. Tentunya tak dapat dipungkiri jika setiap orang di dunia ini pasti menyukai segala macam bentuk keindahan, apa pun jenis dan namanya. Terlebih lagi jika menyangkut soal hunian, tentu setiap pemilik rumah ingin menciptakan rumahnya seindah dan senyaman mungkin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sang pemilik untuk menciptakan rumah huniannya menjadi lebih indah, misalnya seperti dilakukan pengecatan ulang terhadap warna tembok rumah yang sudah mulai luntur atau kusam, memugar dan merenovasi kembali rumah agar memiliki ruangan yang lebih besar atau bisa juga dengan menghias kebun atau teras rumah dengan berbagai macam jenis tanaman hias agar penampilan rumah menjadi lebih asri dan lebih segar.

Bagi Anda yang pada saat ini mungkin memiliki keinginan untuk mempercantik tampilan rumah dengan aneka jenis tanaman hias, maka berikut ini adalah beberapa referensi tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di depan rumah.

1. Tanaman Adenium atau kamboja Jepang
Adenium atau kamboja Jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup trend pada saat ini. Selain memiliki warna bunga yang cantik, tanaman ini juga bisa di silangkan dengan adenium sejenis dengan warna bunga yang berbeda sehingga dalam satu batang adenium bisa menghasilkan bermacam-macam warna bunga. Hal unik lainnya dari tanaman ini adalah bentuk batangnya yang membesar membentuk botol yang tampak tidak proporsional.

Tanaman ini cocok ditanam menggunakan pot dengan media tanam yang memiliki tekstur kering seperti pasir malang atau sekam dengan intensitas penyiraman seminggu sekali. Adenium atau kamboja Jepang ini hampir terdapat di penjual-penjual tanaman hias dengan harga yang cukup murah yaitu antara 100 ribu hingga 150 ribu rupiah.




2. Tanaman Puring (puding atau kroton)
Tanaman hias yang berikutnya adalah tanaman yang bernama puring. Tak seperti tanaman hias pada umumnya, puring tidak memiliki bunga. Keindahan dari tanaman puring adalah terletak pada daunnya yang beraneka warna dan bentuk. Varietas tanaman puring pun begitu banyak dengan harga yang bervariasi, dari mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis dan besarnya. Beberapa jenis tanaman puring yang cukup terkenal diantaranya seperti puring kura, puring apel, puring walet, puring raja dan lain sebagainya.

Selain memiliki penampilan yang cantik, puring juga memiliki khasiat lainnya yaitu sebagai tanaman dengan tingkat penyerapan karbon dan timbal paling efektif sekaligus bisa menjadi obat tradisional untuk meredakan mulas.



3. Aglaonema (Sri rejeki)
Aglaonema merupakan salah satu tanaman yang pernah populer di akhir tahun 2010-an bersama dengan tanaman Anthurium. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Sri Rejeki ini termasuk dalam suku talas-talasan. Terdapat beberapa varietas tanaman aglaonema yang dapat Anda jadikan hiasan di teras rumah Anda, diantaranya seperti commutatum, brevispathum dan costatum. Adapun perawatan tanaman ini cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan pot dengan media tanam sekam bakar. Adapun tempat yang paling cocok untuk menaruh tanaman aglaonema adalah di tempat yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung.



4. Tanaman Pakis haji (Sikas)
Sikas merupakan salah satu tanaman hias yang bentuk yang unik. Sosoknya yang terlihat seperti tanaman purba dengan bentuk batang besar membuat tanaman ini terlihat sempurna dan menonjol untuk dipadukan bersama dengan tanaman hias lainnya. Meskipun terkesan kokoh, namun sebenarnya tanaman ini tidak terlalu tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Selain itu Anda juga harus rajin menyiramnya agar tanaman ini tidak menjadi layu mengingat tanaman ini memiliki tingkat penguapan yang cukup tinggi. Meskipun demikian namun tanaman ini memiliki akar yang cukup rentan busuk apabila media tanam terlalu basah.

Adapun media tanam yang paling cocok untuk tanaman sikas adalah dengan menggunakan pasir malang atau sekam yang tidak terlalu banyak menyimpan air.



5. Tanaman Anthurium
Meskipun nama Anthurium saat ini sudah tidak sepopuler waktu dulu, namun anthurium masih menjadi salah satu primadona tanaman hias yang cukup diminati. Untuk beberapa jenis tanaman anthurium memang diperlukan lahan yang cukup besar mengingat tanaman ini memiliki rentang daun yang cukup lebar. Namun terdapat juga beberapa jenis anthurium yang memiliki ukuran kecil, diantaranya seperti anthurium Jenmani, Hookeri dan lain sebagainya.



Nah, demikianlah beberapa jenis tanaman hias yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik penampilan rumah. Bagaimana menurut Anda tanaman-tanaman tersebut?. Cukup indah bukan?. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis tanaman hias lainnya yang bisa tanam di kebun atau di depan teras rumah Anda, namun tentunya akan kita bahas di lain kesempatan.

Sedikit tips bagi Anda yang ingin membeli tanaman hias, sebelum membeli sebaiknya Anda sesuaikan terlebih dahulu tanaman dengan besarnya ruangan yang tersedia atau konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual tanaman hias perihal tanaman apa yang paling cocok untuk diaplikasikan di rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *