Minggu, 29 Maret 2015

11 makanan sehat untuk menambah berat badan dengan cepat dan efektif

11 Makanan sehat untuk menambah berat badan dengan cepat dan efektif. Disaat begitu banyak orang yang mendambakan berat badannya turun, tapi justru sebagiannya lagi malah ingin menambah berat badannya.

Mengapa ada orang yang ingin menaikkan berat badannya?. Pertanyaan tersebut tentu memiliki jawaban yang sangat bervariasi dan beragam. Ada yang ingin menambah berat badan agar penampilannya terlihat lebih atletis, lebih percaya diri, ingin membentuk otot-otot tubuh agar tampak lebih kekar, ingin tampak lebih sehat serta berbagai motif dan alasan-alasan lainnya.

Sebagian orang mungkin berpendapat kalau menaikkan berat badan akan lebih mudah daripada menurunkannya. Pendapat tersebut bisa saja benar meskipun tidak sepenuhnya. Sebagaimana orang gemuk yang kesulitan menurunkan berat badannya, orang kurus juga sesungguhnya memiliki kesulitan yang sama, terlebih lagi jika hal tersebut adalah faktor bawaan atau genetik.

Tak dapat dipungkiri jika berat badan berlebih atau justru orang yang memiliki berat badan yang kurang memiliki problemnya masing-masing. Nah, jika saat ini kamu memiliki permasalahan berat badan yang cenderung kurus dan ingin menaikkan berat badan agar lebih proporsional, maka beberapa jenis sumber makanan sehat penambah berat badan berikut ini mungkin bisa menjadi solusi kamu.

Makanan sehat untuk menambah berat badan dengan cepat dan efektif
Granola, salah satu makanan sehat untuk menambah berat badan
1. Daging merah
Bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan, maka dapat dengan mengkonsumsi daging merah yang banyak mengandung zat besi serta protein. Beberapa makanan yang menggunakan bahan utama daging merah diantaranya seperti steak, sup daging sapi, tongseng dan lain sebagainya.

Untuk menaikkan berat badan, tentunya tubuh memerlukan penyerapan kalori dan lemak yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Selain daging merah, kamu juga bisa mengkonsumsi bahan-bahan makanan lezat lainnya seperti iga sapi, sosis, soto daging dan soto kaki sapi, daging has (tenderloin/sirloin) dan lain sebagainya.

2. Selai kacang
Selai kacang memiliki kandungan alami protein dan lemak yang sehat karena berasal dari tanaman kacang. Oleh sebab itu banyak orang yang kemudian menjadikannya pilihan paling tepat untuk meningkatkan berat badan dengan cara yang lebih sehat dibanding mengkonsumsi lemak yang berasal dari daging. Satu sendok makan selai kacang memiliki kandungan sekitar 4 gram protein dan 100 kalori. Selain itu selai kacang juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi, vitamin E, vitamin B3 dan magnesium.

Agar selai kacang lebih nikmat, kamu dapat menikmatinya dengan dicampur atau di mix bersama roti gandum atau oatmeal saat sarapan.

3. Susu sapi
Ahli diet mengatakan bahwa cara sederhana namun efektif yang dapat kamu konsumsi untuk menaikkan berat badan adalah dari susu. Susu sapi mengandung lemak, protein, vitamin D dan vitamin A serta nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Konsumsilah susu hampir disetiap kesempatan seperti dengan mencampurnya bersama sereal, oatmeal atau saat sarapan pagi dan jelang tidur malam. Bagi kamu terbiasa mengkonsumsi kopi maka bisa juga mencampurnya dengan krimer atau susu.

Menarik lainnya: #Menu diet sehat yang ampuh turunkan berat badan

4. Roti gandum dan oatmeal
Bagi kamu yang menyukai roti, maka cobalah untuk mengkonsumsi roti atau oatmeal yang berasal dari gandum di setiap sarapan pagi mu. Gandum memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan serat serta fiber yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Selain itu, roti gandum juga memiliki kandungan mineral dan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa memberikan energi serta efek mengenyangkan yang lebih lama dibandingkan roti yang berasal dari tepung terigu.

5. Aneka buah-buahan tropis
Bagi kamu yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia adalah sebuah keuntungan tersendiri karena terdapat berbagai aneka buah-buahan tropis seperti mangga, pisang, pepaya dan nanas yang sangat baik untuk menambah berat badanmu. Selain kaya akan serat, buah-buahan dari wilayah tropis ini juga memiliki kandungan gula alami yang tinggi yang sehat untuk menaikkan berat badan. Jangan takut untuk mengkonsumsi buah-buahan meskipun dalam porsi yang banyak karena tidak ada efek samping yang buruk jika mengkonsumsi buah.

Selain buah-buahan yang memiliki rasa manis, kamu juga bisa mengkonsumsi buah alpukat yang kaya akan kalori, asam folat, potasium, vitamin B dan vitamin E. Agar lebih enak, kamu bisa mengkonsumsi alpukat dalam bentuk es buah, salad buah atau jus dengan campuran susu kental manis.

Menarik lainnya: #Makanan berkalori rendah untuk program diet sehat

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan makanan yang terbukti ampuh untuk menambah berat badan berkat kandungan lemak dan nutrisinya yang tinggi. Begitu banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi sebagai sumber lemak serta protein nabati bagi tubuh seperti kacang almond, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong dan kacang tanah.

Selain mengkonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bahan olahan yang berasal dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, selai kacang dan lain sebagainya.

7. Mentega atau butter
Mentega merupakan salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk dicampur dalam berbagai macam hidangan. Misalnya bisa digunakan untuk menggoreng nasi goreng, menggoreng telur atau bisa digunakan untuk digunakan untuk mengoles roti gandum. Mentega memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik dan sehat untuk tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi mentega sesering mungkin disetiap kesempatan untuk membuat program menambah berat badan kamu semakin sukses.

8. Keju
Keju merupakan salah satu makanan yang paling digemari masyarakat di hampir semua negara karena rasanya yang khas dan cocok untuk digunakan untuk campuran di berbagai makanan. Keju atau cheese memiliki kandungan yang sama dengan susu karena keju merupakan hasil olahan berbahan dasar susu. Agar berat badan kamu cepat bertambah, kamu bisa mengkonsumsi keju di berbagai kesempatan seperti mencampurnya dengan mie instan, untuk dijadikan isi roti, telur dan menu lainnya atau bisa juga dengan mengkonsumsinya secara langsung.

9. Kentang
Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan. Oleh sebabnya orang Eropa menjadikan kentang sebagai makanan pokok bagi mereka. Berbeda dengan orang yang menghindari kentang saat dalam program diet untuk menurunkan berat badan, mereka yang ingin menggemukkan berat badan justru mesti menambah karbohidrat sebagai sumber kalori dalam makanannya.

Kentang memiliki kandungan nutrisi yang kaya karena memiliki kandungan serat, fiber, vitamin C yang tinggi serta protein yang melimpah. Mengkonsumsi kentang tanpa dikupas kulitnya akan memberikan nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan kentang yang telah dikupas. Hal tersebut dikarenakan setengah dari kandungan protein kentang justru terdapat pada kulitnya.

Menarik lainnya: #Menu diet mayo lengkap untuk turunkan berat badan dengan cepat

10. Minyak zaitun dan minyak kelapa
Menu lain yang bisa kamu jadikan makanan penambah berat badan yang menyehatkan adalah minyak zaitun dan minyak kelapa. Kini kamu bisa mengolah berbagai jenis masakan yang lebih sehat dengan menggunakan minyak yang berasal dari kelapa maupun zaitun. Selain lebih sehat, minyak ini juga memiliki rasa yang khas yang membuat aneka masakan akan terasa jauh lebih enak.

11. Granola
Granola merupakan makanan yang biasa dikonsumsi sebagai sarapan. Granola terdiri dari berbagai macam kacang-kacangan, buah-buahan kering, oat serta madu. Makanan ini biasanya dikonsumsi layaknya sereal yaitu dengan dicampur susu atau yogurt. Makanan sehat ini termasuk ke dalam makanan sehat yang kaya akan kandungan kalori, gula serta lemak nabati yang baik untuk menambah berat badan yang cukup ampuh.

Nah, demikianlah 11 jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari untuk menaikkan berat badan kamu. Tentunya di samping mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat, olahraga juga menjadi bagian penting yang akan membantu tubuh menjaga metabolisme untuk meningkatkan nafsu makan kamu.

Bagi kamu yang mungkin pernah punya pengalaman atau cerita sukses seputar bagaimana cara menambah berat badan yang efektif, kamu juga bisa berbagi pengalaman kamu bersama para pembaca lainnya dengan memberikan komentar melalui kotak komentar di bawah ini atau lewat halaman Facebook berjibaku.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *