Jumat, 20 Februari 2015

Tips dan cara menghilangkan komedo pada wajah dan hidung secara alami

Cara menghilangkan komedo pada wajah dan hidung secara alami. Meskipun bukan termasuk dalam kategori penyakit, namun kehadiran komedo pada wajah memang seringkali membuat kita jengkel.

Ya, memang selain jerawat, keberadaan komedo pada wajah disinyalir menjadi salah satu faktor yang bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri atau PeDe dikarenakan komedo dapat menyebabkan penampilan wajah seseorang menjadi kusam dan terkesan tidak bersih.

Membersihkan komedo memang bisa dibilang susah-susah mudah. Komedo yang telah dibersihkan kerap kembali lagi di kemudian hari. Apalagi jika kamu termasuk orang yang malas membersihkan wajah, suka dengan makanan-makanan yang berlemak serta kurang perduli dengan pola hidup sehat tentu bukan hanya komedo saja yang muncul akan tetapi juga jerawat membandel.

Pengertian komedo secara medis
Lalu sebenarnya komedo itu apa sih?. Komedo merupakan jaringan pori-pori yang mengalami penyumbatan karena diakibatkan oleh sel-sel kulit mati yang bercampur dengan hasil sekresi kelenjar minyak pada wajah. Sel-sel kulit mati yang telah tercampur dengan minyak ini lama-kelamaan akan mengeras sehingga menyumbat lubang pada pori-pori kulit.

Jenis-jenis komedo
Adapun jenis komedo terbagi menjadi 2, yaitu komedo terbuka dan komedo jenis tertutup:

1. Komedo terbuka atau dikenal dengan istilah Blackhead
Komedo ini terlihat seperti pori-pori dengan bentuk yang membesar dan kerap berwarna hitam. Biasanya komedo jenis ini kerap terlihat pada sekitar hidung dan bagian pipi di bawah mata.

2. Komedo tertutup atau dikenal dengan istilah Whitehead
Komedo jenis tertutup terdapat lapisan kulit yang menutupi bagian atas dari pori-pori yang tersumbat sehingga kerap terlihat dengan bentuk berupa tonjolan putih atau berwarna kuning dengan bentuk seperti nasi. Komedo dengan jenis ini kerap terlihat di bagian hidung, pipi bagian atas serta di bagian punggung.

Menarik untuk dibaca: #Cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Tips membersihkan komedo di wajah dan hidung
Tips membersihkan komedo di wajah dan hidung
Pencegahan
Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati bukan?. Oleh sebabnya daripada kamu mesti mondar-mandir ke salon untuk melakukan facial untuk membersihkan komedo pada wajah, maka sebaiknya kamu lakukan cara-cara pencegahan berikut ini:

- Cuci muka minimal sehari 3x atau setiap habis keluar rumah
- Membersihkan badan atau mandi minimal sehari 2x, pagi dan sore
- Bagi kamu yang hobi ngemil, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak, pedas dan berkalori tinggi
- Penggunaan kosmetik yang berlebihan

Menarik untuk dibaca: #Cemilan sehat teman saat diet

Pengobatan alami terhadap komedo
1. Buah jeruk lemon
- Bersihkan wajah dengan sabun wajah lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.
- Ambil satu buah handuk dan basahi dengan air hangat lalu peras kemudian tempelkan ke wajah selama 5 menit
- Siapkan 1 buah jeruk lemon kemudian potong menjadi 3 bagian. Gosokkan pada bagian kulit yang berkomedo selama 3 sampai 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

2. Daun lidah buaya
- Ambil 1 helai daun lidah buaya berukuran sedang lalu bersihkan.
- Potong daun lidah buaya yang sudah bersih menjadi beberapa bagian
- Peras hingga lendirnya keluar lalu oleskan di bagian wajah yang terdapat komedo
- Biarkan terkena angin dan mengering dengan waktu antara 15 hingga 20 menit
- Bilaslah dengan menggunakan air bersih

3. Menggunakan madu
- Siapkan 3-4 sendok madu lalu hangatkan dengan menggunakan sendok yang dipanaskan diatas lilin.
- Oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo dan diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian basuh dengan air bersih.

Tiga cara alami pengobatan diatas merupakan beberapa cara natural dalam menghilangkan komedo yang paling sering digunakan (berdasarkan survey dan pengalaman sebagian orang). Pengobatan alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional tentunya lebih disarankan karena bahan-bahan alami jauh lebih aman serta tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Menarik untuk dibaca: #Obat tradisional untuk pengobatan asam urat

Cara pembersihan komedo dengan tangan
Komedo dapat dibuang atau dibersihkan dengan menggunakan tangan maupun dengan alat bantu facial. Namun sebelum melakukan pembuangan, tentunya kamu harus memastikan jika tangan maupun alat yang digunakan dalam keadaan yang steril dan bersih. Untuk mempermudah dalam membersihkan komedo, kamu dapat menggunakan handuk hangat yang ditempelkan ke bagian wajah terlebih dahulu. Uap panas pada handuk akan membuat pori-pori membesar sehingga komedo pun akan jadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Untuk mengeluarkan komedo, caranya adalah dengan melakukan penekanan vertikal dengan pada sekitar area wajah atau kulit yang terdapat komedo dengan posisi jari tangan yang berlawanan saat melakukan penekanan hingga komedo keluar. Jangan lupa untuk menggunakan antiseptik setelah proses pembersihan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *