Rabu, 04 Februari 2015

Menu Diet Mayo, Resep Diet Sehat Serta Tips Dan Pengertiannya

Menu Diet Mayo, Resep Diet Sehat Serta Tips Dan Pengertiannya. Inilah salah satu bentuk diet terbaru yang kini berhasil menarik perhatian masyarakat.

Setelah beberapa waktu lalu salah satu metode diet jenis OCD berhasil diperkenalkan sekaligus dipopulerkan oleh seorang magician bernama Deddy Corbuzier, kini hadir lagi salah satu jenis diet bernama diet mayo.

Diet yang secara general lebih dipahami sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan, sebenarnya memiliki konteks lain yaitu mengatur asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh. Jadi meskipun diet yang sering kita pahami sebagai cara untuk mengurangi berat badan ternyata tak melulu diartikan sebagai cara untuk menurunkan bobot tubuh lho.

Menurut wikipedia, fungsi dan pengertian diet terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya yaitu:

1. Menurunkan berat badan (massa)
Diet digunakan untuk menurunkan berat badan seseorang yang ingin memiliki penampilan yang lebih ideal dan slim.

2. Menaikkan berat badan (massa)
Diet juga digunakan untuk menaikkan berat badan dan membentuk massa otot pada tubuh. Diet ini biasanya digunakan oleh binaragawan atau olahragawan yang ingin memiliki penampilan lebih atletis.

3. Pantangan terhadap makanan tertentu
Nah, fungsi diet yang selanjutnya adalah diet yang disebabkan karena memiliki pantangan dengan jenis makanan tertentu. Misalnya penderita penyakit diabetes yang memantang konsumsi gula atau glukosa, orang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu dan lain sebagainya.

Setelah sekilas kita membahas fungsi serta pengertian diet, sekarang kita kembali lagi ke topik pembahasan diet mayo yang lebih menekankan pada fungsi penurunan berat badan.

Menarik untuk dibaca: #Menu diet sehat

Piramida diet mayo sehat
Piramida diet mayo sehat (image credits: todiet.org)
Apa itu diet mayo?

Diet mayo diperkenalkan pertama kali di salah satu website bernama mayoclinic.com di Amerika Serikat. Saking populernya, bahkan diet mayo sudah dibukukan dan bisa di beli di toko-toko buku di seluruh dunia.

Pengertian diet mayo adalah mengurangi atau memantang konsumsi makanan yang mengandung unsur garam dan es yang dijalani selama 13 hari. Oleh sebabnya ada juga yang menyebut diet mayo adalah diet tanpa garam. Untuk bisa melakukan diet mayo ada beberapa persiapan yang mesti kamu lakukan, mulai dari perencanaan menu hingga tips-tips apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan selama kurun waktu 13 masa diet mayo kamu.


Syarat untuk diet mayo

Beberapa orang yang pernah mencoba dan membuktikannya mengatakan jika diet ini dijalani dengan fokus dan sungguh-sungguh selama tidak melanggar ketentuan-ketentuan syarat diet mayo yang tadi disebutkan (garam dan es).

Lalu apa yang terjadi jika misalnya di hari ke 12 ternyata kamu melanggar pantangan tersebut, ya berarti kamu harus mengulangnya lagi dari hari pertama.


Penelitian tentang diet mayo

Beberapa penelitian menyebutkan jika diet mayo ini sangat aman meskipun biasanya hari pertama dan kedua menjadi yang terberat. Merubah kebiasaan asupan serta pola makan secara tiba-tiba pasti akan menyebabkan tubuh kesulitan untuk beradaptasi untuk sesaat, namun hal tersebut adalah hal yang wajar karena tubuh akan menjadi terbiasa di hari-hari berikutnya.

Beberapa orang yang pernah mencoba diet ini pun mengakui jika mereka berhasil menurunkan bobot tubuhnya hingga 4-5, bahkan hingga 7 kilogram selama melakukan diet 13 hari serta berhasil menyusutkan ukuran lingkar pinggangnya hingga 5-8 cm.


Menu diet mayo

Sebelum tiba waktunya kamu melakukan diet mayo, tentu saja hal pertama yang kamu lakukan adalah menyiapkan menu untuk kamu konsumsi selama 13 hari kedepan. Nah, sebagai referensinya, berikut adalah menu diet mayo yang bisa kamu coba mulai dari menu sarapan, makan siang dan makan malam yang dimulai dari hari ke-1 hingga hari ke-13.

Menarik untuk dibaca: #Makanan berkalori rendah yang baik untuk program diet

Menu resep masakan diet sehat mayo
Menu resep masakan diet sehat mayo
Menu resep masakan diet sehat mayo
Menu resep masakan diet sehat mayo dari hari ke-1 hingga hari ke-13

Tips diet mayo

Oke, kamu sudah membuat perencanaan menu diet mayo selama 13 hari mendatang. Nah, langkah selanjutnya adalah hal-hal sekunder yang mungkin kamu perlukan selama kamu melakukan diet ini. Misalnya sebagai berikut:

- Pemilihan peralatan memasak
Minyak goreng curah mengandung kolesterol sehingga benda cair ini merupakan musuh utama diet. Untuk mengurangi penggunaan minyak goreng, kamu bisa menggantinya dengan minyak olive atau minyak kelapa yang jauh lebih sehat. Selain minyak, hal lain yang mungkin bisa jadi perhatian kamu adalah penggunaan wajan anti lengket supaya kamu bisa menggoreng atau menumis dengan hanya menggunakan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak sama sekali.

- Jangan pelit dalam menggunakan bumbu
Diet mayo lebih menekankan pola makan tanpa garam, es dan tentu saja gula. Untuk itu penggunaan bumbu yang variatif tentu kamu perlukan untuk menghindari rasa hambar. Untuk mengatasinya, kamu tetap bisa menggunakan aneka bumbu masak seperti bawang, cabe bubuk, ketumbar, lada, jahe, kunyit, paprika, daun salam, jeruk nipis dan lain sebagainya supaya masakan tetap terasa enak meskipun di olah tanpa menggunakan garam.

- Perbanyak konsumsi air putih
Mengkonsumsi air putih merupakan hal yang paling penting dalam diet mayo ini. Mengapa demikian?. Seperti kita tahu jika garam merupakan zat yang mampu mengikat air dan lemak, sehingga selama 13 hari kamu makan tanpa adanya unsur garam, yang terjadi adalah kandungan air di dalam tubuh cepat hilang. Itu juga alasannya mengapa diet tanpa garam ini bisa membuat kita cepat terserang dehidrasi lantaran mudah buang air kecil dan kerap mengeluarkan keringat. Jadi mengkonsumsi air putih selama melakukan diet ini menjadi hal yang penting.

Menarik untuk dibaca: #Tips sukses diet


Fakta diet mayo
  • Diet mayo ini cukup aman dan efektif selama dilakukan dengan persiapan, komitmen serta konsistensi.
  • Selama kamu melakukan diet ini, asupan kalori kamu setiap harinya hanya sekitar 1000 kalori saja.
  • Tingkat keberhasilan diet mayo ini bervariasi tergantung dari pola makan serta makanan yang dikonsumsi selama menjalani diet.
  • Jika selama kamu melakukan diet ini dan kamu lupa (mengkonsumsi garam dan es), maka kamu harus mengulangnya dari awal lagi.
  • Menjaga pola makan yang benar dan sehat setelah melakukan diet mayo menjadi salah satu hal yang penting, sebab jika tidak dijaga dengan baik maka kondisi badan bisa saja kembali lagi seperti sebelum kamu melakukan diet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *