Jumat, 13 Februari 2015

Cemilan sehat dan mengenyangkan saat sedang diet yang tidak bikin gemuk

Cemilan sehat dan mengenyangkan saat sedang diet yang tidak bikin gemuk. Cemilan atau camilan merupakan makanan kecil memang hampir tidak dapat dipisahkan dari kegiatan santai seperti saat menonton televisi, kegiatan membaca buku-buku novel kesayangan, nongkrong bareng bersama teman dan saat-saat santai lainnya.

Meskipun mengemil adalah kegiatan yang mengasyikkan sebagai salah satu cara untuk menunda lapar, namun memilih cemilan yang kurang cermat justru dikhawatirkan bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Dampak tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor, diantaranya seperti memiliki cemilan tersebut memiliki kadar gula yang banyak, kandungan lemak dengan tingkat kolesterol yang tinggi serta berbagai macam zat lainnya yang bisa menyebabkan naiknya berat badan.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini berjibaku.com media tips, informasi dan hiburan masa kini akan memberikan beberapa daftar camilan sehat sekaligus mengenyangkan yang bisa menjadi teman kamu saat bersantai atau sedang menjalani program diet sehat. Apa saja camilan-camilan tersebut?. Berikut beberapa diantaranya.

1. Smoothie Bluberi = 93 kalori
Cemilan sehat yang pertama adalah smoothie bluberi. Minuman ringan ini mengandung banyak kalsium dan antioksidan yang baik untuk tulang sekaligus mampu menangkal zat radikal bebas dalam tubuh yang menjadi salah satu sumber penyebab kanker. Untuk mendapatkan resep minuman segar yang sehat ini, kamu bisa melihat bagaimana cara pembuatannya dari situs milik Martha Steward yang juga dikenal sebagai pencipta kue legendaris Rainbow Cake di halaman websitenya yang beralamat di http://www.marthastewart.com/.

Menarik dan penting untuk dibaca: #Resep rainbow cake



2. Satu Cup Es Krim = 100 kalori
Es krim adalah salah satu jenis makanan ringan yang bisa dikatakan paling populer dan paling digemari oleh semua orang di dunia. Melihat es krim mungkin yang terbersit di benak kamu adalah makanan yang kaya akan lemak. Namun hal tersebut belum tentu benar karena kini es krim juga tersedia dengan jenis rendah kalori serta rendah lemak (low fat). Bagi kamu yang suka es krim tapi sedang dalam program diet, pastikan kamu selalu mengkonsumsi es krim dengan jenis low fat supaya diet kamu berjalan lancar.

Menarik dan penting untuk dibaca: #Menu diet sehat dan tips menurunkan berat badan



3. Yogurt dan keju = 99 kalori
Seperti kita tahu, kedua makanan tersebut merupakan makanan yang banyak mengandung sumber kalsium yang baik untuk tubuh dengan kalori yang rendah. Meskipun demikian, tentunya yogurt dan keju akan jauh lebih enak disantap apabila dikombinasikan dengan makanan lainnya seperti sereal atau biskuit yang banyak mengandung magnesium dan fosfor. Selain membuat yogurt dan keju menjadi kaya akan rasa, zat magnesium dan fosfor juga mempermudah tubuh untuk menyerap kalsium dan mineral.

Menarik untuk dibaca:#Makanan rendah kalori



4. Setengah Gelas Susu Low Fat = 68 kalori
Seperti halnya yogurt dan keju, susu juga mengandung berbagai zat dan mineral penting yang diperlukan tubuh. Bagi kamu yang ingin tetap segar saat sedang diet, susu rendah lemak (low fat) juga bisa menjadi pilihan pendamping camilan selama masih dalam takaran serta porsi yang pas dan sesuai ketentuan.

Menarik untuk dibaca: #Diet Mayo, 13 hari berat badan turun hingga 7 kg!



5. Kacang Almond (14 butir) = 98 kalori
Kamu pasti tau dong jenis kacang yang satu ini. Kacang dengan bentuk lonjong dengan kulit yang keras ini merupakan jenis makanan ringan yang bisa menjadi rekomendasi camilan menyehatkan yang bisa kamu konsumsi saat sedang bersantai. Tapi ingat ya, jangan mengkonsumsi melebihi 14 butir supaya kandungan kalorinya masih tetap dibawah angka 100. Oiya, saat ini kacang almond juga sudah banyak tersedia di supermarket lho. Jadi kamu gak akan kesulitan dan bingung untuk mencari kacang ini.



6. Biskuit = 100 kalori
Kandungan biskuit menurut para ahli hampir sama dengan kandungan segelas susu yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh. Jika kamu senang mengkonsumsi biskuit, maka sebaiknya pilihlah biskuit yang memiliki takaran dan perbandingan yang pas dengan segelas susu, contohnya satu kemasan biskuit 75 gram setara dengan segelas susu.



7. Jelly atau agar-agar = 80 kalori
Kamu pasti sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini bukan?. Makanan ini memang sudah terkenal seantero dunia, termasuk di Indonesia. Agar-agar atau jelly merupakan jenis makanan sehat yang kaya akan serat dan terbukti mampu menahan rasa lapar yang ampuh. Oleh sebab itu makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang tengah menjalani program diet sehat. Agar kalori lebih minimal, sebaiknya kamu memilih jelly yang polos saja karena sebungkus agar-agar hanya memiliki kandungan 10 kalori, sedangkan jika ditambahkan sedikit gula dan buah hanya berkisar antara 70 hingga 80 kalori saja.



8. Pisang = 100 kalori
Siapa sangka jika makanan yang menjadi makanan favorit monyet ini ternyata makanan yang super sehat lho. Pisang mengandung 460 mg zat kalium yang baik untuk jantung digemari karena rasanya yang manis, harganya yang murah meriah dan kehadirannya tidak tergantung musim. Jadi kapan saja kamu mau, kamu bisa beli. Oiya, pisang juga cocok lho untuk campuran smoothie bluberi.



9. Popcorn = 93 kalori
Siapa bilang popcorn tidak sehat?. Tahukah kamu kalau makanan ringan yang identik sebagai teman nonton film di bioskop ini juga masuk dalam kategori cemilan yang sehat, lho. Dalam setiap boks popcorn besar ternyata hanya memiliki kandungan lemak sebanyak 1,5 gram dan kandungan kalori sebesar 93 saja. Selain itu, makanan dari jagung ini juga memiliki kandungan zat lain yang diperlukan oleh tubuh seperti vit B, vit E, serat, magnesium dan zat antioksidan yang secara klinis terbukti mampu menangkal penyakit kanker sekaligus zat anti penuaan (anti-aging) bagi kulit.

Menarik untuk dibaca: #Film bioskop dan box office terbaru 2015 wajib tonton



10. Brokoli 100 gram = 34 kalori
Memang brokoli bukan jenis camilan yang sering dikonsumsi orang Indonesia meskipun sebenarnya boleh juga untuk dicoba mengingat kandungan gizi dan kelengkapan vitamin yang terkandung di dalamnya. Setiap 100 gram brokoli terdapat 41 mg vitamin C, folat, kalsium setara susu, antioksidan dan kalsium. Jadi sebenarnya dengan mengkonsumsi makanan ini setiap hari sudah bisa mendukung setengah dari zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Jadi makanan ini bisa dikatakan masuk dalam kategori highly recommended food yang bisa kamu coba untuk dijadikan camilan sehat dengan berbagai macam olahan.



Selain makanan yang bisa dijadikan camilan seperti yang tertera di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang sehat untuk dikonsumsi, namun kita akan membahasnya di lain kesempatan. Nah, bagi kamu yang punya pengalaman atau pengetahuan seputar makanan sehat lainnya dan ingin berbagi dengan para pembaca, kamu bisa masukkan komentar atau berbagi dengan teman kamu di halaman Facebook berjibaku.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *