Selasa, 06 Januari 2015

Tips usaha bisnis toko online untuk pemula

Tips usaha bisnis toko online untuk pemula. Tak dapat dipungkiri lagi jika pada saat ini bisnis online di Indonesia merupakan salah satu bentuk usaha yang sangat digandrungi dan diminati.

Dengan begitu cepatnya perkembangan dunia online, saat ini beragam toko online juga semakin mudah ditemukan. Toko online juga menyediakan beragam merk dan jenis produk yang dapat dibeli dibeli oleh masyarakat. Mulai dari barang keperluan sehari-hari, produk fashion, otomotif dan lain sebagainya.

Kemudahan dalam menjalani bisnis dan peluang pasar yang luas tentu saja membuat semua orang mulai dari remaja, kalangan mahasiswa hingga ibu rumah tangga tertarik untuk membuka toko secara online. Mengingat internet bisa diakses dari mana dan kapan saja dibutuhkan, tentu saja bisnis online semakin praktis untuk dilakukan.

Jika Anda tertarik membuka toko dan berbisnis melalui fasilitas internet, berikut adalah rangkuman tips membuka toko online yang dirujuk dari situs belanja online www.blanja.com di bawah ini.

Tips membuka toko online untuk pemula blanja.com
Tips membuka toko online untuk pemula

Membuat perencanaan yang matang

Tips usaha bisnis toko online tentu perlu persiapan yang matang dan perencanaan yang jelas. Begitu pula bila Anda ingin membuka toko online seperti sekarang. Persiapan dan perencanaan dibutuhkan untuk mengetahui seperti apa usaha yang akan Anda jalani untuk ke depannya. Beberapa hal yang sekiranya wajib Anda rencanakan antara lain:

1. Menentukan barang yang akan dijual berikut harga yang ditawarkan.
2. Membuat website atau situs toko yang professional.
3. Mengatur langkah-langkah proses atau metode pemesanan, pembayaran hingga pengiriman.

Menarik untuk dibaca: #Uang elektronik BI, sistem pembayaran non tunai

Tentukan pangsa pasar

Sebelum membuka usaha toko online, ada baiknya Anda tentukan terlebih dahulu siapa target dan pangsa pasar Anda. Jika ingin lebih mendetail lagi bisa di breakdown menjadi beberapa parameter, misalnya usia potensial konsumen Anda, level ekonomi (bawah, menengah, atas) yang menjadi target, gender dan lain sebagainya.

Selain menargetkan segmentasi pasar, alangkah baiknya jika Anda juga menyukai, mengetahui atau memahami produk yang Anda jual agar komunikasi kepada calon pembeli yang bertanya seputar masalah teknis produk dapat terjalin dengan lancar. Misalnya jika Anda ingin membuka toko online yang berhubungan dengan beragam aksesoris wanita seperti kalung, cincin, pakaian dan lain sebagainya, yang perlu diperhatikan adalah dari perspektif trend yang sedang berkembang saat ini, harga yang relevan dengan produk terkait dan beberapa parameter lainnya.

Menarik untuk dibaca: #Model rambut wanita 2015

Melakukan promosi offline dan online

Sama seperti bisnis pada umumnya, membuka toko online juga membutuhkan strategi promosi yang tepat sasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan. Promosi sangatlah wajib dilakukan supaya toko Anda lebih mudah dikenal dan akrab di benak pengguna internet. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi dan mencantumkan link situs toko ataupun produk yang Anda jual sehingga pengunjung lebih mudah mengakses toko Anda. Supaya lebih intensif, Anda juga dapat melakukan promosi melalui iklan secara online supaya traffic pengunjung toko semakin meningkat.

1. Contoh promosi offline:
- Menyebarkan brosur, pamflet atau fliers ke masyarakat
- Iklan di koran, majalah dan media cetak lainnya
- Buat kartu nama dan bagikan dengan rekan atau teman
- Stiker
- Kaos
- Gabung dengan komunitas
- Dan lain sebagainya

2. Contoh promosi online:
- Menggunakan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)
- Gabung di forum (Kaskus, Detik Forum, Forum Kompas dan sebagainya)
- Promosikan lewat sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, Pinterest dan sosial media lainnya
- Membuat blog berbayar atau gratis selain website utama untuk keperluan promosi. Beberapa penyedia layanan blog gratis yang bisa Anda manfaatkan diantaranya seperti blogspot, wordpress, weebly, tumblr dan sebagainya. 
- Menulis di media online lain (Kompasiana, Myzone Okezone dan lain sebagainya)
- Menggunakan iklan yang di pasang di blog milik orang lain dengan parameter jumlah traffic, Domain Authority, Page Authority, PageRank dan parameter lainnya.

Pantang menyerah

Setelah rencana sudah dibuat secara matang, toko sudah mulai dibuka dan berbagai strategi promosi sudah dilakukan, yang perlu Anda lakukan saat ini adalah bersikap pantang menyerah dalam menjalani bisnis online Anda . Pantang menyerah adalah modal mental yang dibutuhkan oleh semua orang dalam menjalani bisnis, baik secara online maupun secara langsung. Selain itu, tentu saja Anda juga perlu memberikan sentuhan kreativitas dan inovasi terhadap toko online Anda supaya lebih berkesan dan menarik bagi para pengunjung.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengawali bisnis dan membuka toko secara online. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa barang yang Anda jual adalah barang yang berkualitas dan dibutuhkan oleh masyarakat sehingga peminatnya pun selalu bertambah dari waktu ke waktu.

Menarik untuk dibaca: #Tips dan panduan berbelanja online

Dalam berbisnis belanja daring, pelayanan dan kualitas barang yang dijual adalah yang utama. Hal ini wajib diperhatikan supaya pesanan pelanggan sesuai dan tiba tepat pada waktunya sehingga toko Anda memperoleh penilaian positif yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *