IBX5A2F9222D4AE8

Rabu, 07 Januari 2015

Tips memilih kamera DSLR untuk fotografi yang bagus bagi pemula

Apa saja tips memilih kamera DSLR untuk fotografi yang bagus bagi pemula?. Mungkin kalimat tersebut kerap kali menjadi pertanyaan yang paling sering di cari di mesin pencarian. Kegiatan fotografi memang selalu menjadi salah satu aktivitas yang paling menyenangkan. Selain untuk hobi, saat ini seni fotografi juga telah menjadi salah satu profesi yang bisa jadi penghasilan yang cukup tinggi.

Sebelum menjadi seorang fotografer profesional, tentunya ada serangkaian proses yang mesti dilalui. Mulai dari menentukan objek yang bagus, belajar mengambil gambar dengan sudut (angle) yang tepat, menyiapkan waktu luang untuk berburu objek di berbagai tempat hingga mengeluarkan ekstra budget untuk membeli kamera DSLR.

Adapun kepanjangan dari DSLR adalah singkatan dari Digital Single-Lens Reflex yang mana kamera jenis ini menggunakan refreksi lensa tunggal. Bagi seorang pemula, menentukan kamera DSLR merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bidang fotografi. Sebagaimana kita ketahui bahwa standar harga kamera DSLR umumnya cukup mahal sehingga kamu mesti pintar-pintar dalam memilih kamera DSLR dengan merujuk pada jenis serta spesifikasi seperti apa yang paling pas dan cocok untuk kamu serta tingkat skill yang kamu miliki.

Jangan sampai kamu membeli kamera DSLR dengan harga yang tinggi namun pemanfaatannya tidak maksimal karena berbagai faktor, misalnya tidak maksimal dikarenakan kurangnya pengetahuan kamu mengenai fitur-fitur yang terdapat pada kamera tersebut atau bagaimana cara mengoperasikannya dengan benar. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kamu juga menyesuaikannya dengan beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips memilih kamera DSLR untuk fotografi yang bagus bagi pemula
Kamera DSLR Canon EOS 600D (image credits:www.canon.co.id)

Ok, agar artikel ini tidak menjadi terlalu panjang lebar, berjibaku.com akan memberikan beberapa tips dalam memilih kamera DSLR untuk para pemula agar bisa menghasilkan gambar/fotografi yang bagus. Berikut ulasannya.
Kenali terlebih dahulu karakteristik kamu di bidang seni fotografi dengan beberapa pertanyaan yang diajukan kepada diri sendiri seperti misalnya;
- Seberapa sering kamu melakukan kegiatan pemotretan?
- Kondisi serta situasi yang paling sering kamu temui saat melakukan kegiatan pemotretan? (indoor, outdoor, saat traveling, mengabadikan momen pertandingan sepakbola, model wanita cantik dan sebagainya)

Menarik untuk dibaca: #Gaya model rambut wanita 2015

- Berapa budget yang kamu miliki?
- Tingkat urgensi kamu untuk memiliki sebuah kamera?
- Adakah target kamu untuk memanfaatkan kamera tersebut untuk hal-hal yang bersifat komersil?.

Menarik untuk dibaca: #Jadwal liga Inggris

Langkah kedua:
Fitur-fitur seperti apa yang ingin kamu miliki dengan tolak ukur tingkat kesesuaian kamu dengan karakteristik yang telah dijelaskan sebelumnya. Adapun fitur-fitur tersebut seperti;
- Mengukur kemampuan budget yang sesuai dengan kamera DSLR yang kamu ingin miliki
- Berat kamera yang ideal menurut kamu
- Warna kamera yang kamu sukai
- Ukuran kamera, ukuran sensor dan tingkat resolusi
- Panjang focal lensa (kamera dapat di zoom hingga berapa kali atau dari ukuran berapa mm hingga ke berapa mm?)
- Jenis baterai yang digunakan (jenis baterai Lithium atau AA biasa)
- Tingkat kekuatan flash
- Apakah asesoris untuk kamera tersebut tersedia atau tidak?
- Kemampuan ISO kamera DSLR untuk pengambilan gambar dengan cahaya rendah tanpa flash
- Dan lain sebagainya

Langkah ketiga:
Susunlah fitur-fitur tersebut sesuai skala prioritas, misalnya;
- Prioritas yang pertama: Must have. Ya, kamera tersebut wajib memiliki fitur ini.
- Prioritas yang kedua: Good to have. Fitur yang dianggap penting tapi tak apalah jika memang tidak tersedia pada kamera tersebut.
- Prioritas yang ketiga: Nice to have. Fitur yang tidak terlalu penting namun bisa menjadi nilai plus kalau memang tersedia.

Langkah keempat:
Setelah kamu membaca langkah 1 sampai 3, jangan langsung kamu putuskan untuk membeli karena ada lagi langkah berikutnya, yaitu cobalah untuk mencari referensi-referensi yang mengulas mengenai review kamera DSLR dan fotografi di internet. Beberapa situs yang bisa kamu akses dan menjadi bahan bacaan kamu antara lain sebagai berikut:
www.digitalcamerareview.com
www.dpreview.com
www.dcresource.com
www.dcviews.com
www.steves-digicams.com
www.fotografer.net
www.fredmiranda.com/forum
www.cnet.com/topics/cameras
www.jpckemang.com
dan lain sebagainya yang bisa kamu cari di internet.

Langkah kelima:
- Fokus terhadap rencana yang sudah kamu susun dari langkah 1 hingga langkah 4. Jangan mudah tergiur oleh aksesoris yang bermacam-macam namun harus dengan ekstra budget.
- Siapkan uang tambahan untuk beberapa aksesoris penting misalnya seperti memory card tambahan, lensa, baterai dan lain sebagainya.
- Bagi kamu yang benar-benar amatir namun ingin mempelajari seni fotografi, bisa juga mensiasati dengan kamera biasa (pocket camera) terlebih dahulu. Adapun fitur-fitur yang harus tersedia pada kamera ini antara lain seperti tingkat kecepatan pengambilan gambar (speed), diafragma serta ISO untuk mengukur tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya yang bisa disetel secara manual.
- Daya tahan baterai yang lama dengan harga suku cadang tidak terlalu mahal.
- Jangan langsung percaya terhadap rekomendasi dari teman atau rekan kamu karena bagus atau tidaknya penggunaan kamera kembali lagi kepada karakteristik si pemakai. Jadi alangkah baiknya jika kamu mencobanya secara langsung terlebih dahulu kamera yang menjadi rekomendasi tersebut.
- Apabila kamu ingin membeli kamera, maka sebaiknya usahakan untuk bertanya terlebih dahulu kepada si penjual mengenai garansi kamera, melakukan tester terlebih dahulu, menanyakan kekuatan pemakaian kamera, daya tahan baterai, bisa atau tidaknya dilakukan retur barang jika ternyata kamera yang sudah dibeli bermasalah dan pertanyaan-pertanyaan lainnya baik yang bersifat teknis maupun non teknis.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan saat hendak membeli kamera DSLR untuk fotografi. Semoga bermanfaat dan selamat mengabadikan momen-momen indah dalam hidup kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *