Senin, 19 Januari 2015

Tips cara merawat dan membersihkan jaket kulit dari kotoran, debu, bau dan jamur

Tips cara merawat dan membersihkan jaket kulit dari kotoran, debu, bau dan jamur. Aksesoris yang satu ini pasti kamu sudah kenal baik bukan?. Ya, jaket kulit memang bisa menjadi salah satu aksesoris pria dan wanita yang bisa bikin penampilan kamu tambah ciamik.

Apalagi jika memang jaket kulit yang kamu gunakan tersebut benar-benar jaket kulit yang berasal dari bahan kulit yang asli. Kamu bukan hanya merasa percaya diri saja saat menggunakannya, akan tetapi juga meningkatkan level penampilan kamu jauh lebih maksimal lagi.

Jaket kulit memang memberikan kesan yang macho sekaligus maskulin bagi pemakainya, terutama para pria yang ingin terlihat lebih keren dan jauh lebih trendy lagi ditahun 2015 ini. Namun ada beberapa permasalahan yang kadang menyebalkan dan mengganggu yang sering timbul pada jaket kulit, mulai dari munculnya bau yang tidak sedap dikarenakan keringat dan juga jamur yang kerap timbul akibat perlakukan yang salah dalam merawat jaket kulit.

Menarik untuk dibaca: #Fashion style pria 2015

Nah, agar jaket kulit kamu selalu bersih dari kotoran, debu, bau dan jamur. Maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga jaket kulit kesayangan kamu.

Tips cara merawat dan membersihkan jaket kulit dari kotoran, debu, bau dan jamur
Tips merawat jaket kulit

1. Hindari terpapar air hujan
Yup, meskipun jaket kulit asli tahan terhadap air, namun tetap saja akan tembus bila di guyur hujan yang deras. Selain membuatnya menjadi kusut, efek kehujanan biasanya juga membawa serta masalah lain bagi jaket kamu, yaitu mulai munculnya jamur dibagian dalam jaket, warna yang cepat pudar hingga aroma yang tak sedap. Oleh sebab itu sebaiknya hindari jaket kulit dari air hujan supaya tetap awet.

2. Hindari mencuci dengan sabun
Bagi kamu yang baru saja punya jaket kulit untuk pertama kalinya, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah jangan sekali-kali mencucinya dengan menggunakan sabun deterjen atau mesin cuci. Meskipun sabun bisa digunakan untuk membersihkan kotoran pada pakaian, namun jangan sekali-kali kamu gunakan untuk membersihkan jaket kamu karena bisa-bisa jaket malah terlihat tambah kusut dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Apalagi jika penjemurannya tidak maksimal, kedua hal tersebut adalah hal yang pasti.

Sebaiknya gunakan lotion khusus untuk jaket kulit atau sebagai alternatif lain bisa dengan baby oil atau minyak telon. Selain baik bagi bahan kulit jaket, cairan ini juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap yang kerap muncul akibat keringat pada jaket kulit.

3. Jangan dilipat
Sehabis digunakan, jangan sekali-kali melipatnya. Gunakan tisu atau kapas untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Setelah kamu rasa cukup bersih, lalu gantung ditempat yang sejuk dengan sirkulasi udara yang terbuka agar kelembabannya menurun dan jamur tidak jadi berkembang biak.

4. Gunakan cuka untuk atasi jamur
Jika jaket kamu sudah terlanjur terlihat bercak-bercak putih akibat jamur, cobalah untuk menggunakan larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Cuka memiliki kadar asam/PH yang tinggi sehingga jamur tidak dapat hidup dalam kondisi yang demikian. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan sedikit larutan tersebut pada jaket lalu bersihkan dengan menggunakan lap halus dan kering. Selanjutnya gantung jaket di tempat yang sejuk dan berangin.

5. Semprotkan parfum hanya pada bagian dalam jaket kulit
Khususnya bagi pria dan wanita penyuka wewangian yang menjadikan parfum sebagai teman sejati setiap hari. Kamu juga bisa tetap menggunakan parfum, tapi sebaiknya gunakan hanya pada bagian dalam saja karena dikhawatirkan efek kimia bisa dapat merusak tekstur kulit jaket apabila kamu menyemprotkannya dari luar.

Menarik untuk dibaca: #Kata mutiara persahabatan

6. Jaket pudar atau tergores?. Gunakan semir
Seringkali pengguna jaket kulit mengeluhkan tentang warna yang kian memudar atau tergores saat dipakai, terutama para biker yang hampir setiap kesempatan menggunakannya. Nah, kamu bisa mengakali masalah ini dengan menggunakan semir sepatu warna netral atau semir yang disesuaikan dengan warna jaket kulit kamu. Oleskan sedikit saja lalu di gosok dengan menggunakan kapas. Dijamin cara ini bisa bikin jaket kulit lama kamu kinclong kembali. Pastikan semir benar-benar telah kering saat jaket tersebut digunakan supaya warnanya tidak menempel di pakaian kamu yang lain.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merawat dan membersihkan jaket kulit yang kamu miliki. Agar penampilan kamu terlihat lebih maksimal lagi, kamu juga bisa memadu-padankan jaket kulit dengan aksesoris lain seperti kacamata, kalung, topi dan sebagainya agar terlihat lebih ciamik lagi.

Menarik untuk dibaca: #Trend model kacamata pria

Dengan menggunakan kacamata yang pas dengan jaket kulit yang kamu gunakan, penampilan kamu dijamin pasti jadi makin hits. Jika diantara kalian yang pernah mempunyai pengalaman seputar merawat jaket ataupun tips seputar cara membersihkan jaket. Silakan berbagi dengan pembaca lain dengan cara berkomentar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *