IBX5A2F9222D4AE8

Minggu, 04 Januari 2015

Ide kreatif seni kerajinan tangan dari barang bekas yang tidak terpakai (DIY)

Ide kreatif kerajinan tangan dari barang bekas yang tak terpakai. Selain membeli barang-barang baru, salah satu cara jitu untuk mendekorasi rumah agar tampil lebih cantik lagi adalah dengan membuat benda-benda kerajinan dari barang bekas.

Barang bekas atau barang yang seringkali kita anggap sebagai sampah yang terkesan sudah tidak memiliki manfaat lagi ternyata di tangan yang kreatif bisa menjadi barang yang berguna. Bukan hanya berguna saja, akan tetapi barang-barang kerajinan tangan ini juga dapat terlihat cantik.

Setiap hari sepanjang hidup manusia akan selalu memproduksi sampah dengan berbagai ukuran dan jenis. Ada sampah botol plastik, alat-alat dapur bekas, kaleng kosong dan lain sebagainya. Benda-benda ini seringkali cenderung kita abaikan. Padahal jika Anda mau sedikit meluangkan waktu dan berpikir kreatif, Anda dapat mengubahnya menjadi barang kerajinan yang bernilai.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mendaur ulang limbah yang tidak terpakai menjadi barang seni kerajinan tangan yang bernilai, diantaranya sebagai berikut:

- Pola hidup sehat sekaligus komitmen hidup go green dengan membantu lingkungan agar tetap bersih dan terpelihara dari sampah, terutama sampah plastik.

- Menciptakan barang-barang bermanfaat yang dapat membantu Anda menghemat pengeluaran daripada membeli barang-barang baru yang mahal.

- Memanfaatkan waktu luang dengan aktivitas yang lebih produktif.

Bagi Anda yang ingin segera mencoba untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, berikut adalah beberapa ide kreatif yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Meja dengan kaki-kaki dari botol bekas
Cara membuat meja ini cukup sederhana. Bahan yang diperlukan hanyalah sebuah papan kayu, botol bekas dan alat bor untuk melubangi sisi-sisinya agar leher botol bisa dimasukkan sehingga berfungsi sebagai kaki meja.

Meja dengan kaki-kaki dari botol bekas
Meja dengan kaki-kaki dari botol bekas

2. Tempat perhiasan dari botol plastik
Tempat perhiasan cantik ini bisa dengan mudah dibuat saat Anda memiliki waktu senggang. Bahan-bahannya juga sangat mudah yaitu 4 buah botol bekas yang diambil bagian hanya bawahnya saja, besi kecil yang berfungsi sebagai tiang serta beberapa mur dan baut sebagai penyangga sekaligus penyekatnya.

Tempat perhiasan dari botol plastik
Tempat perhiasan dari botol plastik

3. Tempat mengisi baterai ponsel (charger handphone)
Jika Anda memiliki botol plastik bekas oli atau botol plastik bekas karbol toilet, maka bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang unik seperti pada gambar berikut ini. Dengan melihatnya sekilas saja Anda pasti sudah dapat membuatnya sendiri.

Tempat charger handphone
Tempat charger handphone

Tempat charger handphone
Tempat charger handphone

4. Pot tanaman dari botol plastik
Masih seputar pemanfaatan botol plastik yang tidak terpakai. Kali ini botol plastik bekas minuman ringan bisa Anda manfaatkan sebagai pot tanaman yang cantik. Bahan yang diperlukan adalah beberapa botol plastik, cat semprot dan piringan DVD atau CD bekas. Untuk membuatnya, silakan Anda amati langkah-langkahnya yang ada pada gambar dibawah ini.

Menarik untuk dibaca: #Minuman kopi latte

Pot tanaman dari botol plastik
Pot tanaman dari botol plastik

5. Bungkus kado atau parsel
Anda ingin menghadiahkan teman atau kekasih Anda sebuah kado ulang tahun istimewa yang tidak akan terlupakan?. Gampang, bungkus saja dengan bungkus kado kreasi Anda sendiri seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Menarik untuk dibaca: #Ucapan ulang tahun

Bungkus kado atau parsel
Bungkus kado atau parsel
6. Boneka lucu
Anda memiliki banyak botol-botol plastik bekas seperti botol bekas pelembut pakaian, botol bekas pembersih mulut atau botol bekas oli?. Ubah saja menjadi boneka-boneka lucu sebagai hiasan rumah yang cantik. Berbagai karakter unik berbentuk binatang bisa Anda wujudkan sesuai dengan ukuran botolnya. Silakan lihat gambar desain unik dan kreatif berikut ini untuk lebih detailnya.

Menarik untuk dibaca: #Desain kartu undangan pernikahan

Boneka lucu dari botol plastik
Boneka lucu dari botol plastik
Demikianlah beberapa kreasi kerajinan tangan (DIY) yang bisa Anda buat dengan menggunakan barang-barang bekas. Selamat berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *