Selasa, 27 Januari 2015

Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris dan Indonesia

Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris dan Indonesia. Segala sesuatu pasti memiliki awal dan akhir, tak terkecuali dalam pekerjaan.

Ada kalanya kita mencari sebuah pekerjaan, mendapatkannya, kemudian berpikir untuk melepaskannya demi pencapaian yang lebih baik di masa mendatang.

Tidak ada salahnya memang jika Anda mendapatkan pekerjaan baru yang Anda pikir memiliki prospek yang jauh lebih baik kemudian melepaskan pekerjaan lama Anda. Sebagai individu yang merangkap sebagai seorang karyawan, memilih pekerjaan yang menurut Anda terbaik dan paling pantas untuk dijalani sepenuhnya merupakan keputusan yang sekaligus menjadi tanggung jawab terhadap diri Anda sendiri.

Menarik untuk dibaca: #Pertimbangan sebelum pindah kerja

Ada beberapa aturan-aturan dasar yang tak baku yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan sekaligus menjadi cerminan etika dan kesopanan seorang pegawai, baik sebelum maupun setelah mengajukan surat pengunduran diri kepada atasannya, diantaranya seperti;

1. Memberikan tenggang waktu
Seorang karyawan yang baik biasanya memberikan periode masa tenggang waktu 2 minggu - 1 bulan sebagai bentuk tanggung jawab atas pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan di perusahaan lamanya.

2. Proses serah terima jabatan
Sebelum pindah ke perusahaan baru, umumnya karyawan lama melakukan serah terima jabatan kepada penggantinya di perusahaan tersebut.

3. Proses penyerahan alat-alat kantor
Selain serah terima jabatan dengan orang baru, seorang karyawan yang baik juga sepatutnya melakukan penyerahan perangkat atau alat-alat kantor yang digunakannya semasa bekerja seperti komputer, laptop, speaker dan lain sebagainya.

4. Menyelesaikan segala bentuk tanggungan administrasi
Yang berikutnya adalah menyelesaikan segala bentuk tanggungan administrasi yang dimilikinya kepada perusahaan yang lama (hutang, pinjaman, kartu identitas dan lain sebagainya).

4 hal tersebut merupakan hal-hal yang sedianya bisa dipenuhi oleh seorang karyawan sebelum bergabung dengan perusahaan yang baru. Namun tentu saja, sebelum melakukan 4 hal tersebut, ada surat pengunduran diri yang terlebih dahulu di ajukan kepada atasan untuk kemudian mendapatkan persetujuan (approval).

Menarik untuk dibaca: #Contoh surat lamaran kerja

Adapun sebagai referensi Anda, berjibaku.com akan memberikan dua buah contoh surat pengunduran diri dalam dua versi, yaitu versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris selengkapnya untuk Anda.

Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris dan Indonesia
Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris dan Indonesia (image credits: citizen.co.za)

Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris


Subject: RESIGNATION LETTER 

Dear Mr. Johndoe, 

With reference to the above, with much regret, I would like to inform that I am tendering my resignation for the current position as (your job title) by giving the company's one month notice as to adhere with the obligation of employment in this company. My last working day with the company will be on Tuesday, January 27, 2015. 

My tenure with (your company's name) has been a memorable and encouraging experience as well as the knowledges and skills acquired are definitely priceless. Therefore, I would like to extend my sincere thank for the support, guidance as well as the assistances that (your company's name) has given to me. 

I will surrender all company belongings and documents currently in my possession to the Person In Charge (PIC) who's handled the job that I've working for.

Lastly, I am very thankful to the company that has been giving me the opportunity to serve and be part of the greatest company I ever joined. Therefore, I wish All the Best for (your company's name) in the future. 


Best regards,

(Your name)


Contoh surat pengunduran diri bahasa Indonesia


Subject: SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Bpk/Ibu Anonim, 

Sesuai dengan keterangan diatas, dengan sangat menyesal saya ingin menginformasikan bahwa bersama surat ini saya hendak mengajukan surat pengunduran diri saya sebagai karyawan (posisi sekarang) (nama perusahaan) terhitung sejak hari Selasa, 27 Januari 2015. Adapun masa transisi saya adalah selama satu bulan sebagai bentuk tanggung jawab saya terhadap kewajiban pekerjaan yang masih harus saya selesaikan.

Di masa jabatan saya bersama (nama perusahaan) telah memberikan pengalaman, wawasan serta keterampilan yang berkesan dan tak ternilai harganya. Oleh karenanya saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus untuk segala bentuk dukungan, bimbingan serta kepercayaan (nama perusahaan) yang telah diberikan kepada saya.

Saya bersedia untuk menyerahkan semua barang kepemilikan perusahaan serta semua dokumen yang saat ini masih menjadi tanggung jawab saya kepada perusahaan, atasan maupun orang yang sedianya akan menggantikan posisi saya saat ini.

Akhirnya, saya sangat berterima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan saya kesempatan untuk melayani dan menjadi bagian dari perusahaan terhebat dimana saya pernah bergabung ini. Oleh karena itu saya selalu berharap yang terbaik untuk (nama perusahaan) di masa depan.


Hormat saya,

(Nama Anda)


Demikianlah tips yang bisa Anda lakukan saat memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang Anda jalani saat ini sekaligus 2 contoh surat pengajuan pengunduran diri bahasa Indonesia dan Inggris yang semoga bisa menjadi referensi Anda. Semoga bermanfaat dan sukses selalu dalam karir Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *