Jumat, 30 Januari 2015

Cara cepat belajar mengetik 10 jari

Tips dan cara cepat belajar mengetik 10 jari. Bagi Anda yang bekerja khususnya dibidang yang berhubungan dengan administrasi, salah satu skill yang biasanya paling diperlukan sekaligus menjadi persyaratan utama adalah menguasai setidaknya 2 jenis aplikasi Microsoft Office, yaitu Ms Word dan Ms Excel.

Namun untuk bisa menguasai kedua aplikasi dari Microsoft Office tersebut diperlukan salah satu keterampilan dasar yang mana jika Anda menguasai skill ini maka niscaya menguasai kedua aplikasi tersebut akan menjadi semakin mudah dipelajari. Keterampilan tersebut tak lain adalah bagaimana Anda dapat bekerja dengan cepat dan efisien dengan memaksimalkan kemampuan Anda dengan mengetik menggunakan 10 jari Anda.

Adalah sebuah fakta bahwasanya hampir sebagian besar pekerjaan di dunia, termasuk di Indonesia apa pun bidang usahanya masih sangat tergantung dengan Microsoft Office khususnya Word dan Excel. Kedua aplikasi ini dianggap yang paling mudah untuk dipelajari, paling mudah untuk diaplikasikan sekaligus paling familiar di masyarakat Indonesia.

Dengan begitu pentingnya kedua aplikasi ini, maka seiring itu pula tuntutan perusahaan mewajibkan persyaratan menguasai Ms.Word dan Ms.Excel sebagai salah satu dari sekian banyak persyaratannya. Hal tersebut tentunya tidak dapat dilepaskan dari sisi produktivitas seorang karyawan terhadap pekerjaan yang akan diembannya.

Kembali lagi kita mengerucutkan kemampuan yang paling dasar yang dibutuhkan dari kedua aplikasi ini adalah seberapa cakap Anda dalam menggunakan media input keyboard dengan mengoptimalkan seluruh jari-jari tangan Anda bahkan tanpa perlu melihat papan keyboard.

Lalu langkah-langkah apa yang sekiranya paling tepat untuk bisa belajar mengetik dengan cepat 10 jari?. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda pelajari.

1. Peletakan jari-jemari
Untuk dapat dengan cepat belajar mengetik 10 jari, langkah pertama yang Anda lakukan adalah memperhatikan peletakan jari-jemari saat menempel pada keyboard. Sebagai patokan awal Anda adalah bentuk menonjol pada tuts huruf "F" dan huruf "J" pada papan keyboard. Rasakan kedua tombol tersebut dengan memposisikan jari telunjuk kiri Anda pada huruf "F" dan telunjuk kanan pada huruf "J". Tanda yang terdapat pada kedua huruf tersebut merupakan tanda standar internasional yang terdapat pada semua papan keyboard QWERTY.

Menarik untuk dibaca: #Komponen hardware komputer

Setelah Anda memposisikan kedua jari telunjuk pada posisinya masing-masing (patokan utama), lalu selanjutnya adalah meletakkan jari-jemari lainnya sebagaimana yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara belajar mengetik cepat 10 jari
Posisi jari-jemari pada papan keyboard komputer

2. Fungsi dan tugas masing-masing jari
Setelah memahami langkah pertama, maka langkah berikutnya adalah memahami fungsi dan tugas masing-masing jari dan kemudian mulai membiasakannya. Jika Anda pernah mempelajari cara bermain gitar, maka kurang lebih fungsi-fungsi jari ini memiliki kemiripan.

Menarik untuk dibaca: #Tips cepat belajar main gitar

Gambar dibawah menjelaskan bagaimana setiap jari memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing dengan warna yang berbeda sebagai indikator.

Cara belajar mengetik cepat 10 jari
Fungsi masing-masing jari pada papan keyboard komputer (image credits: motivasee.com)

3. Mulai belajar mengetik
Setelah Anda memahami poin 1 dan 2, selanjutnya adalah mencoba untuk pelan-pelan menekan satu persatu tuts yang ada pada keyboard dan mulai untuk merangkai kata demi kata kemudian menjadi kalimat panjang. Latihan ini untuk melatih kelincahan serta membiasakan jari-jari Anda dalam melakukan penekanan-penekanan tombol atau tuts keyboard.

Agar latihan Anda semakin seru dan menantang, cobalah untuk membuka lembar baru di Ms.Word lalu kemudian mulai mengetikkan kedua kalimat berikut:

"The Quick Browns Fox Jumps Over The Lazy Dog"
"Blowzy Red Vixens Fight For a Quick Jump"

Kedua kalimat tersebut memiliki kelengkapan huruf mulai dari A sampai Z, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai kalimat untuk latihan menulis menggunakan keyboard.

4. Belajar secara online
Agar proses belajar mengetik Anda menjadi lebih cepat, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk mendapatkan pelajaran dari beberapa situs typing tutor yang terdapat di internet. Beberapa diantaranya seperti http://www.typing.com/, http://www.typeonline.co.uk/, www.typing-lessons.org, www.powertyping.com dan bermacam-macam situs serupa dengan hanya mengetikkan kata kunci "online typing lesson".

Demikianlah tips mudah belajar mengetik 10 jari dengan cepat yang bisa Anda coba sendiri. Jika Anda merasa artikel ini cukup membantu dan ingin berbagi dengan teman yang mungkin saat ini tengah berusaha belajar bagaimana cara mengetik yang baik, Anda bisa berbagi artikel ini melalui tombol berbagi ke Facebook, Google Plus atau Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *