Rabu, 31 Desember 2014

Uang elektronik Bank Indonesia, e-Money sistem pembayaran non tunai era digital

Uang elektronik Bank Indonesia, sistem pembayaran non tunai dan mudah di era digital. Mungkin banyak dari Anda telah menggunakan uang elektronik ini namun belum begitu mengenal jenis dan produk-produk uang elektronik atau yang sering disebut sebagai e-Money.

Bank Indonesia memang pada saat ini masih terus mensosialisasikan penggunaan uang elektronik non-tunai di masyarakat. Selain memudahkan dalam melakukan setiap transaksi perbankan, penggunaan uang elektronik untuk transaksi juga dinilai jauh lebih aman daripada dengan menggunakan uang tunai.

Apa saja manfaat transaksi dengan menggunakan uang elektronik (e-Money) ini?. Sebagaimana kita ketahui jika saat ini kita sudah berada di era digital dimana hampir semua kegiatan bisnis maupun transaksi dapat dilakukan secara online. Dengan menggunakan uang elektronik tentu apa pun jenis transaksi yang dilakukan akan jauh lebih mudah dan cepat. Tentu Anda sudah familiar dengan yang namanya kartu ATM yang sering Anda pergunakan untuk menarik dana tunai atau pun kartu kredit untuk berbelanja bukan?. Nah, kartu-kartu tersebut merupakan bagian dari produk e-Money atau produk uang elektronik yang secara legalitas diakui oleh BI untuk dipergunakan di masyarakat luas.

Gaya hidup masyarakat yang mulai bergerak ke arah serba digital tentu menjadi salah satu tolak ukur dikeluarkannya uang elektronik ini. Terlebih lagi dengan diizinkannya pelaku bisnis industri keuangan di Indonesia oleh BI untuk turut menerbitkan uang elektronik yang diantaranya seperti Bank Pembangunan Daerah (BPD), bank umum serta lembaga lain selain bank (LSB) yang boleh menerbitkan jenis uang elektronik ini untuk digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut tentu sebagai konsekuensi hidup di dunia digital yang serba instan dan cepat.

Uang elektronik Bank Indonesia, e-Money sistem pembayaran non tunai era digital
Ragam jenis produk e-Money di Indonesia

Definisi uang elektronik atau e-money sendiri menurut Bank Indonesia adalah segala bentuk jenis uang yang dapat diakses secara online dan tersimpan di sebuah server atau kartu chip (microchip di dalam kartu ATM, kartu kredit dan lain sebagainya). Benda yang masuk dalam kategori "uang modern" ini dapat dipergunakan untuk segala macam kebutuhan transaksi termasuk pembayaran, tagihan kartu kredit, pembayaran asuransi hingga penarikan uang secara tunai.

Menarik untuk dibaca: #Sejarah asuransi di Indonesia

Dengan menggunakan uang elektronik, maka baik konsumen maupun merchant akan semakin dimudahkan karena selain transaksi keuangan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, juga dapat membantu merchant untuk mengatur uang tunai yang tersedia di outletnya. Dengan penggunaan uang elektronik, maka resiko terjadinya tindak kejahatan juga akan semakin kecil karena jumlah uang tunai yang terbatas.

Saat ini banyak pelaku bisnis keuangan yang telah meluncurkan berbagai macam aplikasi berbasis mobile e-money guna memberikan kemudahan bagi masyarakat saat melakukan transaksi dengan hanya menggunakan perangkat selulernya. Beberapa provider yang telah mengeluarkan aplikasi ini diantaranya adalah Doku Wallet, Paypal, Tmoney, TapCash dari BNI, Mega Cash dari Bank Mega, BRIZZI dari BRI, BBM Money dari Bank Permata, Rekening Ponsel dari CIMB Niaga, Nobu e-Money dari Bank Nobu, Dompetku dari Indosat, XL Tunai dari XL Axiata, Flexy Cash dari Telkom, Skye Card dari Sky Mobile Money, FinChannel dari Finnet Indonesia, MYNT dari Artajasa, Flazz dari BCA dan banyak lagi lainnya.

Menarik untuk dibaca: Cara mengisi kartu Flazz BCA

Dengan menggunakan layanan e-Money, maka tentu meskipun Anda tidak membawa dompet berisi uang tunai, Anda tetap bisa berbelanja dengan menggunakan "dompet virtual" yang jauh lebih aman, cepat dan mudah untuk melakukan transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *