Jumat, 14 November 2014

Tips memilih dan membeli mobil bekas yang bagus dan masih layak pakai

Tips memilih dan membeli mobil bekas yang bagus dan masih layak pakai. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil, tentu saja banyak hal yang sebaiknya Anda cermati terlebih dahulu, terlebih lagi jika mobil yang ingin dibeli adalah mobil bekas. Tentu perlakuannya akan berbeda dengan memilih sebuah mobil baru.

Cermat dalam memilih mobil bekas merupakan hal yang sangat penting bagi setiap calon konsumen agar terhindar dari kejadian-kejadian tak mengenakan yang membuat Anda merasa galau di kemudian hari. Penjualan mobil bekas memang sangat berbeda dengan mobil baru.

Jika mobil baru bisa dengan mudah Anda temukan di showroom yang berbadan usaha, mobil bekas bisa saja dimiliki oleh perseorangan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga ada sebagian oknum pedagang yang mungkin saja berlaku tidak jujur kepada pembeli, seperti misalnya menawarkan harga tinggi pada pembeli tetapi tidak memperhatikan kualitas mobil yang dipasarkan.

Penjual mobil bekas yang sudah berpengalaman tentunya memiliki kiat dan cara agar mobil dagangannya cepat terjual, oleh sebabnya pembeli harus cermat saat memilih sebuah mobil bekas sebelum dibeli yaitu dengan mengetahui secara detail kondisi mobil yang akan dibeli. Salah satu yang sering luput dari ketelitian pembeli yaitu sisi interior.

Agar mudah menjajaki detail mobil sebelum dibeli. Berikut adalah tips memilih mobil bekas yang bagus dan masih layak pakai yang mesti Anda perhatikan:

1. Latar belakang mobil
Jika memang memungkinkan, cobalah untuk menelusuri asal-usul mobil tersebut dan cari tahu mengapa mobil tersebut dijual, apa sudah pernah tabrakan/kecelakaan, apa pernah terendam banjir, siapa pemilik sebelumnya dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengamatinya secara mendetail baik dari segi interior maupun eksteriornya.

2. Minta bantuan teman
Jika Anda kurang memahami mengenai mesin mobil, ada baiknya jika Anda mengundang seorang teman yang mengerti mesin untuk membantu Anda memilihkan sebuah mobil yang tepat.

3. Carilah mobil yang masih mulus
Sebaiknya carilah mobil yang masih mulus, jangan mobil yang bekas tabrakan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan di kemudian hari. Mobil bekas tabrakan biasanya akan memiliki banyak masalah. Adapun ciri-ciri mobil bekas tabrakan biasanya terlihat dari body mobil yang berdempul dan tidak mulus lagi. Untuk mengeceknya gunakan sebuah magnet untuk melakukan pemeriksaan pada ketebalan dempul. Jika tidak gampang melekat artinya dempul masih tebal.

4. Lakukan test drive
Meskipun bekas, harga mobil tetap saja berada di kisaran puluhan juta. Oleh karenanya Anda tetap harus cermat dalam memilih. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya lakukan test drive terlebih dahulu agar Anda benar-benar yakin dan pasti sebelum membelinya. Mobil bekas yang masih bagus tentu memiliki suara mesin yang masih terdengar halus dengan bagian kaki-kaki dan suspensi yang masih terasa empuk. 

5. Cek jarak tempuh
Agar Anda terhindar dari mendapatkan mobil bekas pakai yang mungkin sebelumnya pernah dijadikan mobil rental atau sewaan, sebaiknya Anda periksa juga jarak tempuh kendaraan tersebut. Lihat dan amati jarak tempuh kendaraan tersebut berbanding lurus dengan tahun pembuatan. Jika ternyata jarak tempuhnya tidak sesuai dengan tahun pembuatan mobil, maka Anda meski berpikir ulang sebelum membelinya. Pada umumnya mobil milik pribadi menempuh jarak rata-rata sekitar 15-20 ribu kilometer tiap tahunnya. 

6. Cek panel dashboard dan lampu indikator
Mintalah penjual untuk menyalakan mesin mobil lalu cek semua fungsi panel dan lampu indikator yang terdapat pada dashboard mobil. Pastikan semua panel berfungsi dengan baik dan lampu indikator menyala sesuai dengan fungsinya masing-masing. 

7. Estimasi pengeluaran servis dan suku cadang
Tentunya selain Anda mesti mengeluarkan uang untuk membeli sebuah mobil bekas, Anda juga mesti melakukan kalkulasi dan estimasi biaya-biaya untuk servis. Oleh sebab itu jika Anda menemui banyak kekurangan dan masalah pada mobil seperti body yang berkarat, mesin yang tidak terdengar halus, transmisi bermasalah dan lain sebagainya, disarankan untuk mencari mobil bekas lainnya. 

8. Fitur entertainment
Meskipun bekas, mobil keluaran tahun 2000-an akhir sudah memiliki kelengkapan fitur entertainment seperti televisi portable, pemutar CD, colokan USB port, Air Conditioner (AC) dan lain sebagainya. Jika Anda mendapatkan fitur-fitur ini, tentunya bisa menjadi nilai plus bagi kendaraan.

9. Plafon dan kabin
Ceklah terlebih dahulu bagian plafon dan kabinnya. Pastikan kedua hal tersebut benar-benar masih dalam keadaan yang baik dan berfungsi secara maksimal. Terlebih lagi pada bagian plafon karena apabila plafon sudah tipis atau rusak, maka suhu didalam kendaraan bisa sangat panas saat siang hari.

10. Perkakas (tool kit)
Jangan lupa juga untuk menanyakan kepada penjualnya perkakas apa saja yang mungkin dijual bersama dengan mobil tersebut. Mobil bekas yang dilengkapi dengan perlengkapan perkakas standar seperti obeng, senter, dongkrak, APAR, kotak P3K tentu akan sangat baik apabila tersedia. Selain itu Anda juga dapat sedikit menghemat uang karena tak perlu lagi mampir untuk membeli perkakas di toko peralatan mobil.

11. Surat-surat kendaraan
Pastikan jika mobil bekas yang hendak Anda beli memiliki dokumen serta surat-surat kendaraan yang lengkap dan asli. Selain itu pajak kendaraan juga sebaiknya yang masih berlaku supaya Anda terhindar dari kesulitan saat mengurus administrasi kendaraan maupun saat memutuskan untuk melakukan mutasi atau balik nama atas nama Anda sendiri.

Demikianlah beberapa tips sukses dalam memilih dan membeli mobil bekas yang mungkin bisa Anda coba. Selamat memilih dan semoga Anda puas dengan mobil pilihan Anda.

Tips memilih dan membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan
Tips memilih dan membeli mobil bekas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *