Sabtu, 25 Oktober 2014

Tips sukses dan cara menjadi kaya

Tips sukses dan cara menjadi kaya. Mungkin semua orang di dunia ini termasuk Anda akan berkata "ingin" apabila ada yang bertanya apakah Anda ingin menjadi orang yang sukses dan kaya. Meskipun kita semua setuju dengan pernyataan bahwa kekayaan bukanlah segalanya dan bukan pula menjadi tujuan hidup, namun tak dapat dipungkiri menjadi kaya adalah keinginan setiap orang.

Cara untuk menjadi kaya tentu tidaklah pernah mudah dan memerlukan proses yang memakan waktu lalu. Kekayaan juga tidak melulu hanya dimiliki oleh orang yang berumur, akan tetapi banyak juga anak muda yang telah memiliki status sosial SES (Socio Economic Status) AB dengan keadaan financial yang serba kecukupan. Dan kita mungkin bertanya-tanya apa yang dilakukannya hingga bisa demikian?. Jawabannya adalah karena ia tahu cara, langkah dan prosesnya untuk bisa menjadi sukses dan kaya.

Lalu apakah untuk menjadi kaya bisa dipelajari dan diikuti?. Jawabannya bisa, selama Anda mau dan benar-benar memiliki niat untuk melakukannya. Apakah Anda ingin menjadi kaya?. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa kaya di usia muda.

1. Tentukan pendidikan yang sesuai bakat dan minat
Tentukan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan keinginan. Pendidikan merupakan hal yang penting dan esensial dalam menggapai cita-cita. Ibaratnya kendaraan, pendidikan adalah mobil yang akan mengangkut Anda sampai ke tujuan akhir. Oleh sebabnya, persiapkan "mobil" Anda dengan sebaik-baiknya supaya perjalanan Anda menjadi lancar dan aman.

2.  Pekerjaan idaman yang diimpikan
Tetapkan tujuan karir Anda. Orang-orang sukses adalah mereka yang mencintai pekerjaannya dan memiliki hasrat untuk terus belajar dan berkembang. Cintai apa yang menjadi hasrat Anda dan tumbuhkan keinginan untuk maju yang kuat dalam karir Anda.

3. Kerja keras dan kerja pintar
Nilailah diri Anda sendiri. Jika Anda akhir-akhir ini merasa Anda kurang perform dalam pekerjaan, maka mulai saat ini bekerjalah lebih giat dan lebih keras lagi dari biasanya. Jangan sia-siakan waktu yang Anda miliki terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak perlu. Cobalah untuk merubah mindset dan persepsi Anda mengenai kerja keras menjadi hal yang menyenangkan yang akan merubah hidup Anda kelak. Lalu apakah kerja keras saja cukup?. Tentu tidak cukup.

Kantor adalah sarana untuk bekerja dan belajar hal-hal yang baru. Manfaatkanlah fasilitas teknologi dan sarana-sarana yang diberikan perusahaan dengan baik dan bijak untuk mendukung pekerjaan Anda agar terselesaikan dengan cepat. Kemudian belajarlah satu hal baru setiap yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Bukalah wawasan dan ciptakanlah peluang. Itulah yang namanya kerja yang baik dan pintar.

"Aku adalah orang yang percaya dengan keberuntungan, hingga aku menemukan bahwa semakin giat dan keras aku bekerja maka semakin besar pula keberuntunganku" - Thomas Jefferson

4. Hidup hemat dan sisihkan pendapatan
Belajarlah untuk menyisihkan pendapatan minimal 1/4 dari total gaji yang Anda dapatkan. Tabunglah dan jangan di ingat-ingat lagi atau anggap saja sebagai uang hilang. Tujuan menyisihkan pendapatan bulanan adalah untuk keperluan investasi di masa depan. Jangan tergoda untuk menggunakannya untuk kebutuhan-kebutuhan yang kurang penting, apalagi untuk hal-hal yang tidak perlu.

Saat berhemat, Anda harus jeli dalam membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan. Jangan membeli barang hanya berdasarkan rasa ingin saja, akan tetapi tanyakan dalam diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau mungkin tanpa barang tersebut hidup Anda akan tetap baik-baik saja?. Agar Anda tak gampang tergiur oleh barang-barang yang bisa menyilaukan mata, Anda bisa menyiasatinya dengan menabung di Bank yang tidak menerbitkan kartu ATM dan kartu kredit seperti di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

5. Mulai berinvestasi
Saat tabungan Anda telah cukup banyak, maka mulailah untuk berinvestasi. Investasi merupakan hal penting untuk menjamin masa tua karena Anda tak selamanya bertenaga, tak selamanya bekerja dan tak selamanya produktif. Dengan memulai investasi di usia muda, maka Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkannya untuk hari tua Anda. Investasi bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya membeli tanah, properti, emas, asuransi, memulai bisnis sampingan atau memberikan yang terbaik untuk anak yang Anda miliki. Jika saat ini Anda telah menikah dan memiliki anak, maka uruslah anak dengan sebaik-baiknya sebab anak merupakan investasi masa depan yang tak ternilai. Dan disaat Anda tua nanti, anak adalah tumpuan hidup Anda.

6. Visualisasikan kesuksesan
Seorang motivator bernama Gede Prama pernah bercerita mengenai "rumah kedamaian imajiner" yang bisa kita ciptakan untuk menenangkan pikiran. Misalnya untuk mengusir rasa galau dan gundah, Anda dapat mem-visualisasikan sebuah tempat di dalam pikiran Anda yang dapat membuat Anda merasa tenang dan damai. Begitu juga halnya dengan kesuksesan. Visualisasikan Anda mengecap kesuksesan, misalnya membayangkan Anda berada di belakang kemudi sebuah mobil yang telah lama Anda impikan. Berikan gambar yang jelas dan rasa yang jelas sehingga Anda benar-benar merasakan bagaimana rasanya menjadi sukses, lalu jadikan sebagai motivasi dalam hidup Anda.

Tips sukses dan cara menjadi kaya
Tips meraih kesuksesan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *