Senin, 06 Oktober 2014

Tips mendapatkan pekerjaan idaman setelah lulus kuliah untuk pemula

Tips mendapatkan pekerjaan idaman setelah lulus kuliah untuk pemula (fresh graduate). Sebagian dari Anda yang mungkin baru saja lulus mungkin merencanakan untuk rehat atau istirahat sejenak guna menjernihkan pikiran setelah menghabiskan masa kuliah. Hal tersebut tentu saja tidaklah salah selama masih dalam konteks yang wajar, terlebih lagi jika usia Anda saat ini masih muda.

Meskipun demikian tentu ada hal penting selanjutnya yang tak boleh dikesampingkan, yaitu mencarii pekerjaan. Ya, mencari sebuah pekerjaan memang kerap menjadi pilihan terakhir yang dapat dilakukan setelah lulus kuliah. Terkecuali jika Anda pada saat ini tengah merintis usaha atau memiliki sebuah bisnis, tentu mencari pekerjaan bukanlah hal yang paling urgensi.

Mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keinginan (passion) memang menjadi impian tiap orang, Meskipun demikian, pada kenyataannya justru masih terdapat begitu banyak orang yang telah bertahun-tahun menjalani pekerjaan yang bahkan bukan pekerjaan yang di idam-idamkannya. Terlebih lagi, mereka menjalani pekerjaan yang tidak disukai bahkan bisa dikatakan sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan "terpaksa" karena kondisi dan keadaan yang kurang menguntungkan. Tentu Anda tak ingin hal tersebut menimpa diri Anda bukan?.

Beberapa kendala utama yang sering terjadi pada saat melamar pekerjaan untuk pertama kali biasanya adalah dikarenakan kurangnya pengetahuan terhadap informasi pekerjaan yang ada. Lalu kendala selanjutnya adalah bingung harus memulainya dari mana. Jawaban atas kendala tersebut sebenarnya sangat mudah, cukup satu kata, "internet". Ya, inilah "jendela baru" dunia digital dimana semua informasi dan kesempatan terbuka lebar dan bisa diakses secara luas, termasuk bagi para pencari kerja.

Namun meskipun saat ini internet sudah menjadi hal yang umum dan bukan lagi menjadi barang mewah dan dapat diakses oleh siapa pun, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak orang yang masih berpikir konvensional sehingga kerap kali menghabiskan waktu, uang serta tenaganya untuk datang dan melamar secara langsung. Ya, percaya atau tidak, saat ini budaya "mondar-mandir" membawa surat lamaran untuk ditujukan kepada suatu perusahaan masih sangat umum dilakukan. Bayangkan jika beberapa perusahaan yang akan dilamar berada cukup jauh dari tempat tinggal Anda. Berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan itu semua. Padahal disamping cara tersebut, ada alternatif lain yang jauh lebih cepat, mudah serta efisien, yaitu dengan menggunakan email.

Meskipun datang langsung dan memasukan lamaran ke suatu perusahaan bukanlah cara yang paling praktis, namun hal tersebut juga tidak sepenuhnya salah. Namun seperti yang telah dipaparkan diatas, tentu akan jauh lebih efisien lagi apabila Anda bisa memanfaatkan media internet untuk kirim via email atau menggunakan bantuan situs penyedia lowongan pekerjaan melalui sistem rekrutmen online!.

Sebagai langkah awal Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian, berikut adalah tips dan cara mendapatkan pekerjaan idaman setelah lulus kuliah bagi pemula yang mungkin dapat Anda coba:

1. Minat dan bakat
Sebelum melamar pekerjaan, tentukan terlebih dahulu bakat dan minat yang Anda miliki. Hal ini penting sebab biasanya pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat akan jauh lebih menyenangkan dan mudah dijalani jika dibandingkan dengan pekerjaan yang tidak sesuai atau kurang pas dengan apa yang menjadi keinginan Anda. Buatlah list pekerjaan impian Anda kemudian prioritaskan pekerjaan-pekerjaan tersebut satu-persatu. Setelah itu baru lanjutkan pada tahap berikutnya.

2. Daftarkan diri di situs penyedia lowongan kerja
Hal selanjutnya adalah mendaftarkan diri Anda di berbagai situs penyedia lowongan kerja. Beberapa situs lowongan pekerjaan yang terkenal di Indonesia misalnya adalah Jobsdb.com, Jobstreet.com dan Karir.com. Cobalah untuk registrasi kemudian buat resume Anda sebaik dan selengkap mungkin.

Hal yang perlu dihindari bagi fresh graduate adalah memasukkan gaji dengan kisaran (range) yang tinggi pada kolom "gaji yang diinginkan". Biasanya perusahaan bukan hanya melihat dan menilai Anda dari sisi akademis saja, akan tetapi juga dari sisi pengalaman kerja yang Anda miliki. Dengan memasukkan gaji yang terlalu besar, maka tentu makin kecil peluang bagi Anda untuk dipanggil. Oleh karenanya, jangan terlalu idealis dalam menentukan nominal, tapi berpikirlah realistis karena Anda bukanlah satu-satunya pencari kerja.

3. Buat surat lamaran pekerjaan atau resume
Buatlah surat lamaran pekerjaan sebaik, semenarik dan se-berbeda mungkin dari para pesaing Anda. Lupakan format CV konvensional, apalagi CV yang ditulis tangan dengan pulpen dan kertas folio. Banyak contoh surat lamaran yang bagus di internet, yang Anda perlukan hanyalah mencarinya. Setelah dapat, Anda bisa mencontohnya untuk digunakan pada surat lamaran milik Anda sendiri.

Buatlah agak banyak salinan surat lamaran, fotokopi KTP, foto diri dan kelengkapan lainnya kemudian masukkan kedalam beberapa amplop. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi sekaligus persiapan apabila ada panggilan mendadak dari HRD untuk melakukan sesi wawancara kerja (baca: pertanyaan yang sering diajukan saat wawancara kerja).

4. Buat email
Buatlah email yang terkesan lebih profesional (id atau username email disarankan menggunakan nama sendiri) untuk apply surat lamaran online. Hindari membuat email dengan nama-nama yang aneh dan sulit untuk dihafalkan, misalnya seperti siapasaya@namasitus.com, kenapaya@namasitus.com dan nama-nama semacamnya.

5. Sebar lamaran
Melamar pekerjaan hampir mirip seperti kegiatan memancing. Semakin banyak kail dan umpan yang dilemparkan, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan ikan. Begitu juga dengan melamar pekerjaan. Semakin banyak surat lamaran yang disebarkan, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat panggilan. Jadi jangan malas-malas untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di forum, milis ataupun situs lowongan kerja.

6. Persiapkan diri untuk wawancara kerja
Disela-sela waktu luang Anda, cobalah untuk mencari referensi seputar tips wawancara kerja yang baik sebagai bentuk persiapan Anda apabila suatu saat mendapat panggilan untuk melakukan wawancara dengan HRD (baca: tips wawancara kerja). Maksimalkan diri Anda saat menghadapi interview kerja baik dari segi penampilan maupun kemampuan agar kesempatan yang Anda dapatkan tak terlewatkan sia-sia begitu saja.

7. Berdoa
Berdoa merupakan hal yang sepatutnya dilakukan. Jika semua usaha telah Anda lakukan, tetaplah berpikir positif dan perbaiki apa yang sekiranya kurang. Terus berdoa, berusaha dan berharap Anda mendapatkan pekerjaan terbaik di masa yang akan datang.

8. Jaga komunikasi dengan teman lama
Meskipun Anda telah lulus dari kuliah, namun menjaga komunikasi dengan teman lama adalah hal yang penting karena siapa tahu Anda bisa mendapatkan informasi pekerjaan dari teman lama yang telah duluan mendapatkan pekerjaan. Terlebih lagi, teman Anda bisa menjadi partner networking yang menguntungkan di masa depan. Betul bukan?.

Tips mendapatkan pekerjaan idaman setelah lulus kuliah bagi pemula
Ilustrasi: Tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah
Redaksi berjibaku.com tips dan gaya hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *