Rabu, 01 Oktober 2014

Perlengkapan bayi baru lahir yang wajib disiapkan ibu

Perlengkapan bayi baru lahir yang wajib disiapkan sang ibu. Kehadiran sang buah hati tentu menjadi salah satu hal paling membahagiakan bagi ibu dan ayah di dunia ini melebihi apa pun. Sebelum menyambut kedatangan sang buah hati, tentu ada hal-hal yang wajib Anda persiapkan terlebih dahulu sebagai orang tua yang bijak. Terlebih lagi jika usia kandungan telah menginjak bulan terakhir.

Bagi Anda yang telah memiliki hasil USG dan telah mengetahui jabang bayi laki-laki atau perempuan, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyiapkan berbagai keperluan wajib bagi sang bayi.

Bagi ibu muda yang baru akan melahirkan anak pertama, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan perlengkapan bayi yang nantinya digunakan oleh bayi sejak jauh-jauh hari. Bahkan jika memang diperlukan, Anda dapat menganggarkan dana untuk keperluan belanja di bulan terakhir kehamilan. Adapun metode lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara mencicil keperluan tersebut sedikit demi sedikit. Mengapa demikian?. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Anda harus mempersiapkannya sejak lama.

Faktor yang pertama adalah karena jumlah serta jenis perlengkapan bayi cukup banyak dan beragam. Yang kedua adalah harga pakaian dan perlengkapan bayi ternyata jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan pakaian orang dewasa. Terlebih lagi Anda juga harus membelinya dalam jumlah yang banyak (lusinan). Mahalnya pakaian bayi biasanya disebabkan oleh jenis bahan yang digunakan untuk baju dan celana bayi memiliki tekstur yang lembut dan menyerap keringat.

Perlengkapan bayi dibagi menjadi beberapa jenis, yang pertama adalah perlengkapan bayi yang baru dilahirkan, perlengkapan mandi, perlengkapan makan dan minum, perlengkapan tidur, perlengkapan untuk perjalanan, perlengkapan saat bayi sakit (kesehatan dan kebersihan) dan lain sebagainya.

Untuk seperangkat pakaian bayi (1 set) yang baru lahir, standar minimum budget yang mesti disiapkan kira-kira antara Rp 1,5 - 2 juta rupiah. Namun apabila Anda memiliki budget lebih, bisa juga ditambah kuantitasnya.

Bagi Anda yang tengah mencari referensi perlengkapan bayi baru lahir, maka berikut ini adalah beberapa jenis item perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan dari berjibaku.com - blog informasi dan tips.

  • Pakaian Bayi
Popok
Gurita bayi
Kain bedong
Baju lengan pendek/lengan panjang
Celana pop/celana pendek model segitiga
Celana panjang buka tutup
Kaos dalam
Sarung tangan/kaki
Topi
Kaus kaki/sepatu
Setelan pulang rumah sakit
Jemuran baju
Peniti besar
  • Keperluan Mandi
Waslap
Handuk
Sabun
Sampo
Ember mandi
Kasur mandi
Bedak bayi/tempat bedak
Cologne bayi
Hair lotion
Baby lotion
Baby oil
Baby cream
Baby tafel
Sisir bayi
  • Perlengkapan Makan dan Minum
Botol susu
Botol sendok/botol jus
Sikat botol
Sabun cuci untuk botol/liquid cleanser
Container untuk susu
Sterilizer
Jepitan botol
Warmer
1 set perlengkapan makan (feeding set)
Sapu tangan
Kursi makan
Celemek bayi
  • Perlengkapan Tidur
Tempat tidur bayi
Perlak
Bantal set
Sprei set
Selimut kamar/bed cover
Pakaian hangat set
  • Keperluan Ibu
Gurita untuk ibu
Kain sarung
Korset
Baju ibu kancing depan
Celana hamil
Stagen
Antenatal Cream (Minyak zaitun)
  • Kesehatan dan Kebersihan
Kapas gulung
Cotton bud
Kain kassa
Gunting kuku
Tisu basah
Thermometer
Pembersih gigi
Pispot
  • Perlengkapan Perjalanan/Traveling
Tas baju bayi
Gendongan
Selimut topi
Stroller/kereta dorong
Tempat duduk bayi didalam mobil (baby car seat)
Tempat membawa bayi (carry rocking chair)

Perlengkapan bayi baru lahir yang wajib perlu disiapkan ibu
Perlengkapan bayi baru lahir
Demikianlah beberapa perlengkapan bayi yang bisa Anda persiapkan menjelang kelahiran sang buah hati. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut sang buah hati. Baca artikel lainnya seputar ibu dan bayi disini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *