Minggu, 12 Oktober 2014

Barcelona terancam keluar dari La Liga musim depan

Barcelona terancam keluar dan tak ikut La Liga musim depan. Kabar tersebut berhembus setelah Catalan atau Katalonia, wilayah dimana klub Barcelona bernaung dikabarkan akan memerdekakan diri dan lepas dari Spanyol. Meskipun pada saat ini proses tersebut masih menunggu hasil rapat dari pejabat negara Spanyol, namun tentu kabar tersebut cukup mengejutkan publik dunia, terutama para pecinta sepakbola Spanyol tersebut yang tergabung dalam Liga Primer Spanyol La Liga (BBVA).

Dengan lepasnya Catalan dari Spanyol, maka praktis Barcelona dipastikan harus hengkang dari Liga Spanyol (LFP). Undang-undang olahraga Spanyol menyatakan bahwa hanya akan ada 1 negara yang yang boleh bermain di La Liga Spanyol, yaitu Andorra. Nasib serupa bukan hanya menimpa klub Barcelona apabila Katalonia resmi berpisah dari Spanyol, akan tetapi juga menimpa tim Catalan lainnya yaitu Espanyol yang sama-sama bermain di Liga BBVA.

El Barca memang telah begitu lama menjadi simbol perjuangan rakyat Catalunya. Hal tersebut dapat terlihat dari antusiasme warga Catalan yang selalu menyambut kemenangan Barca dalam setiap laga dengan begitu meriah. Terutama saat duel El Classico antara Barcelona melawan Real Madrid FC. Namun tentunya pertandingan-pertandingan seru antara kedua tim besar tersebut di masa yang akan datang hanya akan tinggal sejarah apabila kemerdekaan Catalunya benar-benar terwujudkan.

Dampak lain dari rencana pemisahan Katalunya dari Spanyol adalah terancamnya El Barca untuk bisa bermain di Liga Champion (UEFA) mengingat standar tinggi FIFA yang melarang negara baru untuk bermain di Liga Champion. Dengan keluarnya Barcelona dari La Liga dan Liga Champion, maka praktis nasib Tim Catalan tersebut semakin terpuruk di ujung tanduk.

Konsekuensi yang harus ditanggung oleh asal Catalunya tentu akan berdampak ke berbagai sektor di tubuh Barcelona. Dengan hengkangnya El Barca, maka kekhawatiran akan berlanjut pada hilangnya sponsor penting yang selama ini telah mendukung kelangsungan tim hingga mengerucut ke sektor finansial El Barca yang mesti mengeluarkan budget besar untuk para pemain bintangnya.

Hingga saat ini tercatat terdapat beberapa pemain Barcelona kelahiran Katalunya yang mendukung pemisahan ini, diantaranya seperti Jordi Alba, Xavi Hernandez dan Gerard Pique. Meskipun pemisahan Barcelona dari Spanyol saat ini masih menunggu hasil referendum, namun berita pro dan kontra rencana pemisahan ini menjadi salah satu berita yang paling menggemparkan dan menarik publik pecinta sepakbola di seluruh dunia.

Tim Barcelona
Selebrasi Tim Barcelona saat memenangi Liga Champions

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *