Rabu, 17 September 2014

Raja Ampat, tempat wisata keindahan laut timur Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan Raja Ampat?. Gugusan pulau eksotis dengan keindahan taman bawah laut di pulau ini memang telah begitu mendunia. Beberapa situs wisata internasional bahkan telah merekomendasikan Raja Ampat sebagai salah satu tempat wisata keindahan alam bawah laut di timur Indonesia yang terbaik di dunia.

Sekilas tentang Raja Ampat

Raja Ampat atau yang juga dikenal sebagai "Empat Raja" merupakan julukan yang diberikan kepada empat pulau utama yang bernama Salawati, Waigeo, Batanta dan Misool. Keindahan gugusan kepulauan yang memiliki luas sebesar 4,6 juta hektar ini memang menjadi objek wisata yang termasyur di dunia.

Selain keindahan alamnya, kekayaan alam bawah laut Raja Ampat telah menjadi rumah bagi lebih dari 540 jenis karang, 1511 jenis spesies ikan dan 700 macam hewan avertebrata atau yang dikenal dengan nama moluska. Bahkan yang lebih menakjubkannya lagi, The Nature Conservancy and Conservation International merilis sebuah laporan mencengangkan bahwa lebih dari 75% spesies laut di dunia bisa ditemukan di pulau timur Indonesia nan eksotis ini.

Terumbu karang yang menjadi rumah bagi ribuan biota laut merupakan pesona Raja Ampat yang paling utama. Aktivitas utama yang dapat dilakukan oleh wisatawan selain berjemur dibawah teriknya matahari adalah menyelam (scuba diving) serta snorkeling sambil menikmati keindahan alam bawah laut. Begitu banyak biota laut yang tersebar di Raja Ampat, dari mulai biota laut berukuran kecil seperti ikan anemon, kepiting, udang hingga biota laut berukuran besar seperti ikan tuna, barracuda, giant travelii, snapper, mantaray hingga wobbegong. Begitu besar potensi alam di Raja Ampat seakan telah menjadi magnet yang menarik wisatawan yang bukan hanya berasal dari domestik saja akan tetapi juga dari berbagai belahan dunia.

Akses Transportasi

Lokasi wisata Raja Ampat memang agak cukup sulit untuk di jangkau. Untuk mengakses ke Raja Ampat, wisatawan harus melalui kota Sorong, setelah sampai dikota tersebut kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Susi Air, pesawat kecil yang berkapasitas 14 penumpang.

Bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta, maka ada beberapa maskapai penerbangan lokal yang melayani akses hingga ke kota Manado, yaitu Lion Air dan Wings Air. Alternatif lain bagi wisatawan yaitu terbang dengan Garuda atau Sriwijaya Air yang transit di bandara Makassar. Selain kedua penerbangan tersebut, ada juga penerbangan yang langsung menuju kota Sorong dari Jakarta yaitu Express Air.

Sesampainya di Sorong, wisatawan kemudian bisa meneruskan perjalanan dengan menggunakan kapal perintis dari ASDP dengan rute pelayanan Sorong-Saonek dan Waisai. Kapal jenis ferry ASDP ini datang setiap hari pukul 11.00 siang dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Raja Ampat
Gugusan pulau di Raja Ampat

Tips

  • Bagi Anda yang ingin mengunjungi Raja Ampat, maka disarankan untuk datang pada bulan Oktober hingga November karena pada waktu-waktu tersebut cuaca serta keadaan ombak dalam keadaan yang tenang. Pada saat ini kegiatan menyelam ataupun snorkeling akan menjadi lebih bagus karena kondisi air laut sedang jernih.
  • Wisatawan disarankan untuk membawa peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengakomodasi seluruh aktivitas yang akan dilakukan. Peralatan tersebut mencakup peralatan snorkeling atau menyelam, kamera, sunblock, topi, kaos serta perlengkapan lainnya yang sekiranya akan dibutuhkan.

Akomodasi

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat wisata ini dengan tenang, maka tak perlu khawatir sebab di Raja Ampat sudah tersedia akomodasi penginapan dengan fasilitas lengkap yang dapat Anda rental atau sewa. Di lokasi yang bernama Saonek Monde terdapat sebuah pelabuhan yang telah memiliki beberapa resort serta cottage yang terletak di Waiwo, Batbitiem dan Waigeo Selatan di Pulau Nyandebabo.

Reservasi dan tiket

Bagi wisatawan yang ingin melakukan reservasi maka bisa menghubungi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Raja Ampat dengan nomer telpon 62-41140-2650 atau melalui email yang beralamat di info@gorajaampat.com.

Estimasi biaya liburan ke Raja Ampat

Adapun estimasi biaya yang diperlukan untuk liburan dari Jakarta ke Raja Ampat yaitu berkisar antara 12.000.000 hingga 20.000.000 untuk 3 hari (biaya tergantung akomodasi yang digunakan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *