Rabu, 02 Juli 2014

Manfaat puasa di bulan Ramadhan bagi kesehatan tubuh

Manfaat puasa di bulan Ramadhan bagi kesehatan tubuh. Marhaban Ya Ramadhan, telah datang bulan suci yang didalamnya penuh dengan limpahan rahmat dan kebaikan. Puasa di bulan Ramadhan sedianya merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia sebagaimana telah diterangkan dalam surat al-Baqoroh ayat 183 hingga 187.

Rasul pun telah menyerukan setiap mukmin untuk menjalankan ibadah puasa ini dengan sebaik dan sesempurna mungkin. Selain sebagai sarana melatih keimanan, ternyata berpuasa di bulan Ramadhan juga membawa manfaat yang begitu banyak terutama bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat puasa?. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Meningkatkan kemampuan otak
Menurut penelitian para pakar dan ilmuwan dari Amerika, orang yang berpuasa cenderung memiliki kadar neurotropik yang bersumber dari otak. Faktor inilah yang ternyata memicu tubuh untuk meningkatkan produksi sel-sel perkembangan otak yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak berpuasa. Seiring dengan itu pula terjadi penurunan kadar kortisol yang mana membuat seseorang merasa lebih bahagia dan lebih tenang sehingga membuat tingkat stres berkurang.

2. Merubah gaya hidup
Datangnya bulan puasa Ramadhan membawa berbagai perilaku gaya hidup yang jauh lebih semangat dan sehat serta terpola. Sebagai contoh, selama berpuasa tentu pola makan yang mungkin kerap Anda lakukan saat tidak berpuasa menjadi berkurang. Selama berpuasa, maka tubuh memberikan waktu kepada beberapa organ tubuh terutama bagian pencernaan untuk beristirahat.

3. Menurunkan kolesterol dalam tubuh
Dampak positif bagi mereka yang berpuasa salah satunya tentu adalah menurunnya berat badan. Dengan konsumsi yang selalu terjaga selama berpuasa, maka pembentukan kolesterol jahat dalam tubuh pun dapat di reduksi dan dikurangi. Dengan berkurangnya kadar kolesterol tersebut, maka secara otomatis akan meningkatkan kesehatan jantung yang berimbas pada berkurangnya resiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah atau yang disebut sebagai stroke.

4. Pembersihan fungsi organ tubuh
Selain beberapa manfaat diatas, puasa selama bulan Ramadhan juga dapat menjadi sarana pembersihan fungsi organ tubuh (detoksifikasi). Saat berpuasa, sistem tubuh akan secara otomatis membakar penumpukan-penumpukan lemak guna memenuhi ketersediaan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Penumpukan lemak inilah yang sebenarnya berpotensi sebagai zat yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh.

5. Penyerapan nutrisi yang lebih maksimal
Selama masa berpuasa di bulan Ramadhan maka tubuh akan lebih efisien dan maksimal dalam melakukan penyerapan nutrisi. Hal ini disebabkan oleh sebuah hormon dalam tubuh yang disebut sebagai adiponectin yang tercipta pada medio sahur dan puasa. Dengan demikian maka justru dengan berpuasa sebenarnya penyerapan nutrisi oleh tubuh akan jauh lebih maksimal dibandingkan saat tidak berpuasa.



Demikianlah beberapa manfaat puasa di bulan Ramadhan bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda lakukan. Jika terdapat begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam puasa, tentu sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak berpuasa bukan?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *