Minggu, 22 Juni 2014

Tips tetap semangat kerja dan sehat saat berpuasa

Tips tetap semangat kerja dan sehat saat berpuasa. Sebagai umat muslim, tentu datangnya bulan puasa Ramadhan harus disikapi dengan penuh suka cita dan gembira sebab pada bulan inilah setiap kebaikan dan kebajikan akan langsung mendapat ganjaran yang berlipat ganda. Selain itu, bulan Ramadhan juga menjanjikan dibukanya pintu-pintu rahmat serta pengampunan yang seluas-luasnya oleh Allah.

Selama 1 bulan lamanya kita akan menghadapi puasa. Mengingat begitu besarnya nilai puasa, tentu setiap kita ingin senantiasa menjalaninya dengan penuh keseriusan, rasa ikhlas serta ketakwaan yang semata-mata mengharapkan ridho-Nya. Dengan demikian tentunya kita tak menginginkan puasa seakan-akan menjadi sebuah halangan bagi kita untuk tetap semangat dalam beraktifitas dan berkarya.

Guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan bersemangat saat puasa di bulan Ramadhan, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan yang dirangkum oleh www.berjibaku.com - situs informasi dan berita online.

1. Makan sahur
Sahur merupakan suatu kegiatan makan malam yang dianjurkan sebelum berpuasa (sunnah) karena dengan sahur, maka kebutuhan tubuh akan gizi disaat berpuasa akan tetap tercukupi. Sahur yang sehat tentunya bukan berarti makan dengan porsi yang banyak, akan tetapi menu sahur sehat adalah menu sahur yang memiliki nilai kecukupan gizi bagi tubuh dalam satu hari.

Jadi hal pertama yang Anda mesti lakukan akan tetap semangat saat berpuasa adalah dengan bersahur. Jika memang dibutuhkan, Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin atau pun suplemen gizi tambahan bagi tubuh.

2. Konsumsi air putih
Tubuh manusia memiliki kandungan air dengan porsi lebih dari 60%. Meskipun saat berpuasa, jagalah selalu kecukupan tubuh akan air putih agar terhindar dari dehidrasi, misalnya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur serta tetap mengkonsumsi air putih yang cukup saat berbuka.

Selain penting untuk mencegah dehidrasi, air putih juga dibutuhkan oleh organ-organ tubuh terutama yang berfungsi sebagai filtrasi tubuh seperti ginjal dan hati.

3. Jaga pola tidur
Pola tidur menjadi salah satu hal penting yang harus di jaga. Meskipun bulan Ramadhan kali bertepatan dengan Piala Dunia 2014, namun jangan sampai Anda kekurangan waktu tidur sebab kurang tidur memiliki efek yang negatif bagi tubuh. Efek negatif yang dapat timbul jika seseorang kurang tidur diantaranya adalah badan menjadi cepat letih, lemas serta mengganggu konsentrasi serta daya ingat. Oleh sebabnya aturlah waktu tidur agar tetap cukup sehingga produktivitas saat bekerja dapat terjaga dengan baik.

4. Niatkan hati
Niat adalah landasan utama dari sebuah kesuksesan, begitu juga halnya saat berpuasa sebab dengan niat yang tulus dan ikhlas semua rintangan seberat apapun tentu tak akan menjadi sebuah halangan yang berarti lagi. Namun jika sedari awal tidak dibarengi dengan doa serta niat puasa yang baik dan ikhlas, tentu rintangan kecil pun akan menjadi besar dan niscaya berpuasa pun akan menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Jadi niatkanlah hati untuk beribadah dengan tulus dan ikhlas yang semata-mata hanya mengharap ridho-Nya.

5. Kerja adalah ibadah
Tahukah Anda jika bekerja juga merupakan sebuah ibadah?. Ya, bekerja untuk mencari nafkah di dalam Islam merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan ada pepatah dalam Islam yang mengatakan "beribadahlah seakan-akan esok kematian menjemput, dan bekerjalah sekerasnya seakan-akan hidup seribu tahun lagi".

Begitu besarnya arti bekerja dalam Islam karena dengan bekerja dengan baik, maka seorang muslim akan bisa mencukupi semua kebutuhan duniawinya, dengan bekerja seorang muslim juga bisa mendermakan sebagian hartanya dijalan kebajikan dan lain sebagainya. Oleh karenanya berbanggalah dan bersemangatlah saat kerja dan mencari rezeki karena mencari rezeki juga merupakan bagian dari ibadah, terutama di bulan suci Ramadhan.

Tips tetap semangat dan sehat saat berpuasa
Ilustrasi: Tetap semangat kerja saat berpuasa
Demikianlah beberapa tips agar tetap semangat kerja saat puasa yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga puasa Anda di tahun ini sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *