Jumat, 12 September 2014

Tips cepat belajar main gitar untuk pemula

Tips dan cara belajar cepat bermain gitar ini merupakan sebuah metode sederhana yang bisa diaplikasikan oleh pemula, siapapun orangnya, baik pria maupun wanita. Memang, untuk memulai segala sesuatu apa pun itu tak pernah ada yang terasa mudah, tak terkecuali bermain gitar.

Gitar merupakan alat musik petik berdawai yang memiliki 6 senar yang mampu menciptakan irama yang selaras dan harmonis. Saat ini gitar juga menjadi salah satu alat musik yang paling banyak di kenal, di gunakan sekaligus dimainkan di kalangan masyarakat.

Banyak alasan yang melatari mengapa seseorang berminat untuk belajar gitar, bisa saja orang tersebut menyukai suatu jenis musik tertentu, grup band tertentu, senang bernyanyi atau beragam alasan lainnya. Namun apapun itu, bermain gitar adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan karena selain sebagai sarana relaksasi, bermain gitar juga bisa berfungsi sebagai penyaluran bakat serta mengasah kemampuan dalam bermusik.

Pada awal-awal belajar bermain gitar, hal yang paling sering menjadi kendala adalah mengatur keluwesan serta posisi jari jemari tangan dalam memencet satu persatu atau memencet sekaligus barisan senar gitar (grip) guna menyesuaikannya dengan chord atau kunci-kunci gitar tertentu. Kendala yang paling umum pada tahap ini adalah rasa kesemutan dan pegal pada ujung jari tangan kiri. Namun hal tersebut adalah wajar adanya karena semua yang pernah merasakan belajar bermain gitar pasti pernah mengalaminya.

Bagi Anda yang ingin cepat bisa bermain gitar, berikut adalah tips cara cepat belajar main gitar untuk pemula yang bisa Anda ikuti dari blog media informasi dan berita online - berjibaku.com.

1. Latihan dasar
Latihan dasar bermain gitar adalah mengetahui chord atau kunci-kunci nada gitar. Adapun kunci nada dasar yang terdapat pada gitar adalah kunci A, B, C, D, E, F, G. Pastikan terlebih dahulu Anda hafal dengan kunci-kunci nada ini beserta dengan letak dan susunan jarinya. Sebelum belajar gitar, disarankan Anda telah memiliki literatur-literatur chord yang lengkap sebagai panduan awal agar Anda tidak terlalu bingung mengenai letak-letak jari untuk menciptakan nada dari kunci-kunci dasar gitar (Anda bisa mencarinya secara online di internet)

2. Pengulangan
Kecepatan atau tempo dalam beralih dari satu kunci nada ke kunci nada yang lain merupakan salah satu hal yang harus Anda latih terlebih dahulu setelah menguasai semua rangkaian kunci nada yang ada. Teruslah berlatih dengan cara mengulang kembali semua kunci nada dengan tempo yang dipercepat. Mungkin di awal berlatih, jari akan terasa pegal dan sedikit nyeri, namun hal tersebut adalah hal yang wajar. Istirahatlah sejenak kemudian ulangi kembali.

3. Belajar memetik nada
Setelah Anda menguasai semua kunci nada gitar, langkah selanjutnya adalah mencoba untuk harmonisasi atau belajar menyelaraskan petikan senar gitar dengan interval atau tempo tertentu. Untuk mendapatkan ketukan yang pas, cobalah untuk mengatur iramanya dengan gerakan petikan jari tangan kanan dengan tempo yang sama.

4. Pilihlah sebuah lagu yang paling mudah
Setelah Anda menguasai semua langkah-langkah diatas, tahap selanjutnya adalah mencoba untuk memilih sebuah lagu yang paling Anda sukai sekaligus paling mudah menurut Anda. Jika Anda tidak mengetahui kunci atau chord lagu tersebut, Anda bisa coba mencarinya disini http://www.chordfrenzy.com/.

5. Harmonisasi nada gitar dan suara
Sebelum memulai untuk menyanyikan sebuah lagu, kini saatnya bagi Anda untuk melakukan harmonisasi antara nada gitar dengan tinggi rendahnya suara Anda. Agar keduanya bisa selaras, cobalah untuk melakukan harmonisasi terlebih dahulu. Cara untuk melakukannya adalah dengan melihat awalan chord dari lagu tersebut. Misalnya lagu tersebut berawalan dari kunci C, maka cobalah untuk "memasukkan" suara dengan memetik berulang-ulang kunci C-F-G dengan tempo yang tetap/statis. Jika lagu berawalan dari kunci G, maka cobalah untuk memetik secara berulang G-D-A dan begitu seterusnya hingga suara gitar senada dengan suara Anda. Jika suara telah selaras, kini saatnya Anda mulai bernyanyi.

Belajar bermain gitar memang tidak dapat dilakukan secara instan karena pasti diperlukan proses dan waktu. Bersabar dan berlatihlah terus menerus karena dengan latihan yang konsisten Anda bisa menguasai bermain gitar hanya dalam waktu 3 hari hingga paling lama 1 minggu.

Demikianlah beberapa tips cepat belajar gitar yang bisa Anda coba. Jika Anda telah menguasai satu buah lagu dengan baik, maka cobalah dengan lagu-lagu yang lain dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Agar pembelajaran dapat dilakukan lebih cepat, sebaiknya Anda juga ditemani oleh seorang tutor yang memiliki kecakapan dalam bermain gitar serta buatlah sebuah jadwal latihan yang rutin.

Tips cara cepat belajar main gitar untuk pemula
Tips cara cepat belajar main gitar untuk pemula

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *