IBX5A2F9222D4AE8

Sabtu, 07 Juni 2014

iPhone 6, harga spesifikasi dan prediksi peluncuran di Indonesia

iPhone 6 mungkin menjadi salah satu smartphone kelas high-end paling fenomenal yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya di seluruh dunia pada tahun 2014 ini. Berdasarkan beberapa sumber terpercaya di internet, iPhone 6 diperkirakan akan terbagi menjadi 2 varian, yaitu iPhone 6 dengan layar Sapphire 4.7 inchi (approx 1704 x 960 piksel) dan 5.5 inchi.

Diketahui bahwa iPhone 6 akan mengusung layar yang lebih besar dibanding dengan iPhone 5 yang menggunakan layar 4.0 inchi. Di negara asalnya, Amerika, iPhone 6 yang mengusung layar 4.7 inchi diperkirakan akan hadir pada musim gugur yaitu antara bulan Agustus, September atau Oktober tahun 2014 ini. Sedangkan untuk varian iPhone 6 dengan layar 5.5 inchi diperkirakan akan dirilis Apple pada awal tahun atau pertengahan tahun 2015 mendatang. Mengenai kapan tepatnya perangkat ini diluncurkan, nampaknya Apple memang belum mau memberikan informasi lebih jauh perihal jadwal lengkap perilisan resmi iPhone 6.

Spesifikasi iPhone 6
Faktor yang melatari mengapa iPhone 6 mengusung layar yang lebih besar dari seri-seri sebelumnya adalah dikarenakan faktor trend masyarakat dunia pada saat ini yang telah bergeser dari penggunaan layar kecil kepada smartphone dengan dukungan layar yang lebih besar. Dengan menyematkan layar yang lebih luas dibandingkan iPhone 5, Apple iPhone 6 tentunya akan bisa semakin bersaing dengan smartphone Android dan juga Windows yang telah lebih dahulu menggunakan layar besar.

iPhone 6 disinyalir akan memiliki desain yang jauh lebih tipis dibandingkan seri iPhone sebelumnya yaitu antara 6 mm hingga 7 mm dengan bezel yang menggunakan material logam yang jauh lebih kuat dan lebih ringan dari versi sebelumnya. Sedangkan tingkat resolusi yang sedianya dihadirkan oleh iPhone 6 4.7 inchi memiliki tingkat kerapatan piksel sebesar 416 ppi dan iPhone 6 5.5 sebesar 365 ppi.

Apple iPhone 6 yang akan mengusung layar berbahan material kristal safir (sapphire) ini memang nampaknya cukup terkendala dengan biaya yang lebih mahal jika di bandingkan dengan menggunakan corning glass. Meskipun demikian Apple mengatakan jika layar safir merupakan inovasi layar smartphone terbaru, oleh karenanya Apple merasa yakin jika layar barunya ini akan menjadi trend penggunaan layar smartphone era masa depan.

Kesulitan yang dihadapi oleh Apple pada akhirnya membuat perusahaan yang berbasis di Cupertino, Silicon Valley ini bekerjasama dengan GT Advanced Technologies (GTAT) yang ditunjuk sebagai penyedia bahan material safir yang nantinya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan layar dari iPhone 6.

Dari segi kamera nampaknya salah satu smartphone terbaik 2014 ini belum akan bergeser pada penambahan spesifikasi kamera yang lebih besar dari 8MB. Meskipun dengan menggunakan spesifikasi kamera yang sama, akan tetapi Apple mengatakan jika teknologi yang digunakan jauh lebih baik dibandingkan dengan seri sebelumnya sehingga kualitas gambar dan grafis yang dihasilkan oleh iPhone 6 ini akan jauh lebih baik, bahkan akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kamera sekelas 13MP sekalipun.

Dengan desain yang jauh lebih tipis, otomatis LED backlighting iPhone 6 akan bergeser dari 0.6 mm LED ke model 0.4 yang lebih tipis sehingga dapat memberikan ruang tambahan bagi fitur lainnya. Adapun iPhone 6 akan tetap menyematkan fitur Touch ID yang merupakan sensor pengenal sidik jari yang telah ada pada iPhone 5s. Untuk kecepatan akses internet, Apple generasi terbaru ini diprediksi telah mendukung 802.11ac Wi-Fi atau jaringan nirkabel yang memiliki kecepatan lebih dari 1 Gigabite per detik. Fitur yang baru menjadi prediksi ini kemudian semakin diperkuat dengan kehadiran pemasok chip Apple Wi-Fi Broadcom yang telah membuat 802.11ac Wi-Fi chip untuk smartphone yang mengusung teknologi terbaru.

iPhone 6
Image credits: macrumors.com - iPhone 6

Harga iPhone 6
Harga iPhone 6 diprediksi akan lebih mahal 100 - 200 USD dari harga iPhone 5 yang pada saat ini ada di Indonesia. Masih belum diketahui secara pasti kapan iPhone 6 ini akan dirilis di Indonesia, akan tetapi berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, biasanya berkisar antara 4 hingga 6 bulan semenjak peluncuran resmi di Amerika atau 2 hingga 3 bulan setelah peluncuran di Asia. Tunggu kabar selanjutnya mengenai info terbaru iPhone 6 di blog media informasi online berjibaku.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *