Jumat, 12 September 2014

Tips membeli rumah (perumahan) baru

Tips membeli rumah. Bagi Anda yang pada saat ini tengah mencari rumah baru untuk dijadikan hunian, maka sudah sepatutnya memperhatikan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli. Begitu besar dan pentingnya arti sebuah rumah bagi Anda dan keluarga hanyalah salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan diantara banyak faktor penting lainnya termasuk harga.

Untuk menghindari berbagai hal-hal yang mungkin tidak Anda inginkan pada saat membeli rumah, berikut adalah panduan berupa tips membeli rumah atau perumahan baru yang bisa Anda aplikasikan.

1. Lokasi
Sebelum Anda memutuskan model rumah seperti apa yang hendak Anda beli, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu dimana lokasi rumah yang diinginkan. Lokasi merupakan salah satu faktor penentu yang penting saat hendak membeli rumah. Usahakanlah membeli rumah dengan lokasi yang strategis serta dekat dengan jangkauan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, kantor polisi dan fasilitas lainnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah dekat dengan lokasi aktivitas Anda sehari-hari, misalnya dekat dengan kantor atau pusat kegiatan bisnis Anda.

Mungkin dari segi harga akan lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang berlokasi di tempat yang kurang strategis, akan tetapi ingatlah selalu jika rumah atau properti merupakan aset investasi yang bernilai dan akan semakin mahal dari waktu ke waktu.

2. Harga
Alternatif berikutnya adalah tepat dalam menentukan budget. Sangatlah beruntung jika Anda mendapatkan rumah idaman yang sesuai dengan harga pasaran yang ditawarkan, terlebih lagi jika dekat dengan pusat kota seperti di wilayah sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang atau Bekasi. Kisaran harga rumah baru di Jabodetabek saat ini masih terbilang cukup tinggi, sebagai salah satu contoh rumah sederhana dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, luas tanah 72 meter dan luas bangunan 70 meter di Depok mencapai kisaran harga hingga 400 juta rupiah.

Jika budget Anda saat ini mungkin belum mencukupi, maka ada baiknya jika Anda tidak terlalu memaksakan diri dengan rumah yang diinginkan. Lebih baik Anda mencari perumahan lain yang bisa dicicil sesuai dengan kemampuan. Namun yang perlu diingat adalah selalu memastikan jika cicilan rumah tidak melebihi 1/3 dari total keseluruhan penghasilan atau pemasukan Anda setiap bulannya.

3. Konstruksi bangunan
Konstruksi bangunan merupakan salah satu hal penting yang patut untuk dicermati. Sebelum Anda membeli sebuah rumah, pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kondisi bangunan. Meskipun kecil dengan ruang tamu yang minimalis, namun bangunan dengan konstruksi yang baik akan tetap terlihat kokoh dan kuat meskipun rumah tersebut terlihat sederhana. Jika Anda rasa memang cukup layak, maka Anda tinggal ikuti tahap selanjutnya.

4. Developer yang terpercaya
Usahakan agar Anda mendapatkan rumah dari developer atau pengembang yang terpercaya baik dari track record maupun pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Dengan pengembang yang terpercaya tentu Anda akan lebih nyaman dan tidak merasa was-was di kemudian hari. Sebagai referensi, ada salah satu pengembang rumah baru di jakarta yang terpercaya bernama http://www.viyasavalley.net/ yang menawarkan rumah di wilayah Jabodetabek dengan harga yang lumayan murah.

5. Mencari informasi
Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu. Informasi-informasi tersebut nantinya bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun pertimbangan Anda perihal rekam jejak pengembang. Untuk mencari informasi yang dibutuhkan bisa dengan cara melakukan survey sederhana kepada masyarakat sekitar perihal pengembang rumah tersebut atau bisa mencarinya secara online di internet.

6. Siapkan uang untuk administrasi
Pada saat Anda telah memutuskan sebuah rumah untuk Anda beli, ada baiknya Anda menyiapkan uang tunai untuk keperluan berbagai macam pengeluaran biaya administrasi seperti uang untuk mengurus sertifikat tanah, jasa notaris, pajak dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa tips membeli rumah baru yang semoga bisa menjadi semacam referensi bagi Anda saat hendak membeli rumah. Simak terus artikel-artikel menarik lainnya yang berhubungan dengan informasi, tips dan gaya hidup www.berjibaku.com

Rumah baru di jabodetabek
Model rumah minimalis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *