Jumat, 12 September 2014

Membuat taman minimalis di depan dan belakang rumah

Membuat taman minimalis di depan dan belakang rumah. Taman merupakan salah satu elemen penting yang semestinya ada di luar maupun di dalam sebuah hunian seberapa pun kecil atau minimalisnya luas tanah yang dimiliki. Tanpa adanya sebuah taman, maka tentu rumah akan terasa gersang dan jauh dari kesan asri. Oleh karenanya, taman kerap dibuat guna memberikan kesan yang natural pada rumah sekaligus menciptakan rasa sejuk sekaligu memberikan kenyamanan terhadap penghuninya.

Membuat taman minimalis di depan dan belakang rumah yang indah memang tak semudah yang dipikirkan dan hal tersebut juga kerap menjadi kendala bagi sebagian besar orang. Minimnya pengetahuan serta pengalaman dan juga proses yang memakan waktu merupakan beberapa faktor yang membuat orang menjadi enggan untuk membuatnya sendiri dan lebih memilih mengambil cara yang paling mudah, yaitu dengan menyewa jasa pembuatan taman.

Hal tersebut bisa saja dilakukan, terlebih lagi apabila Anda memiliki budget yang cukup, akan tetapi tentunya hal tersebut belum tentu berlaku juga bagi orang lain. Nah, bagi Anda yang ingin menciptakan atau membuat taman minimalis di depan dan belakang rumah dengan konsep serta kreasi Anda sendiri, maka berikut adalah tips membuat taman minimalis beserta dengan contoh-contoh gambar model taman minimalis yang bisa Anda contoh.

1 . Ciptakan titik fokus utama taman
Rumah atau perumahan minimalis biasanya memiliki lahan yang minimalis pula. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk mempersiapkan lahan yang hendak diubah menjadi taman kemudian fokus terhadap daya tarik utama yang ingin diciptakan dari taman tersebut. Misalnya dengan menempatkan beberapa elemen utama taman yang cenderung memiliki ukuran besar sehingga menciptakan efek daya tarik terhadap orang yang melihatnya. Elemen-elemen taman tersebut dapat berupa patung, air mancur, pot besar dengan tanaman bunga atau menggunakan berbagai paduan batu-batuan alam yang dapat menjadi objek utama dari taman yang Anda ciptakan.

2 . Pilihlah cat dengan warna cerah
Selain merancang lokasi taman serta titik fokus tertentu, jangan lupa juga untuk memperhatikan suasana sekitarnya. Untuk taman minimalis, sebaiknya Anda menggunakan warna yang cerah. Warna yang cerah akan memberikan efek visual taman yang terkesan menjadi luas dan lebar. Dengan begitu maka taman minimalis akan menjadi terlihat lebih besar.

3 . Memilih ornamen pendukung
Pilihlah ornamen atau elemen pendukung lain yang sesuai dengan karakter yang ingin diciptakan. Pemilihan serta penggunaan ornamen yang tidak tepat dan berlebihan di khawatirkan justru malah bisa membuat taman minimalis menjadi terlihat berantakan serta jauh dari kesan rapi. Sebaiknya Anda memilih obyek hiasan dengan tekstur permukaan yang datar dan keras dengan motif atau pola yang cenderung vertikal atau horizontal untuk memberikan kesan lebar dan tinggi.

4 . Memilih tanaman hias
Taman pastinya selalu identik dan erat kaitannya dengan tanaman hias. Untuk menciptakan efek yang bagus dan natural, sebaiknya Anda banyak menggunakan tanaman hias tropis yang memiliki ukuran yang kecil dengan pertumbuhan yang lambat, diantaranya seperti bunga bougenville, alamanda, rumput gajah mini, tanaman puring dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menempatkan 1 atau 2 tanaman yang memiliki postur lebih besar diantaranya tanaman lain yang lebih pendek agar tampilan taman lebih menonjol. Tanaman yang bisa Anda gunakan misalnya seperti kamboja Bali, palem, tanaman serut dan lain sebagainya. Namun ingat, penggunaan tanaman besar dengan jumlah yang banyak justru malah akan mengaburkan konsep desain minimalis yang dimiliki oleh sebuah taman. Jadi pastikan komposisi besar dan kecilnya tanaman sesuai dengan ukuran taman yang dimiliki.

5 . Menjaga kesuburan dan keindahan tanaman hias
Hal yang terakhir tentunya adalah selalu menjaga taman minimalis agar selalu tampak indah sehingga menghasilkan kesan asri yang alami. Oleh karenanya berikanlah pupuk kepada tanaman hias secara berkala, menyiramnya dengan rutin serta memangkas daun dan ranting agar tetap terlihat selalu rapi dan indah.

Berikut adalah beberapa model gambar taman minimalis yang bisa menjadi referensi bagi Anda dari spektrumdunia.com blog tips dan informasi.

Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 1
Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 2
Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 3
Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 4
Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 5
Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 6
Gambar taman minimalis
Gambar taman minimalis 7

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *