Senin, 28 April 2014

8 bisnis rumahan yang menguntungkan sebagai usaha sampingan

8 bisnis rumahan yang menguntungkan sebagai usaha sampingan merupakan beberapa cara paling jitu untuk menambah pendapatan Anda selain gaji. Sebenarnya pada saat ini banyak sekali bisnis kecil atau industri rumahan, baik online maupun offline yang bisa Anda lakukan guna menambah pundi-pundi penghasilan. Yang Anda perlukan hanyalah sedikit modal serta kejelian untuk menangkap setiap kesempatan yang datang.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini memiliki sedikit modal namun tetap ingin memiliki bisnis sendiri, berikut adalah beberapa jenis bisnis rumahan yang bisa Anda coba.

1. Bisnis jasa menjahit
Bisnis jasa menjahit adalah bisnis rumahan modal kecil pertama yang bisa menjadi sumber inspirasi. Namun untuk membuka jasa menjahit tentu saja mesin jahit adalah perangkat utama yang mutlak harus Anda miliki terlebih dahulu selain juga keterampilan dalam menjahit.

Untuk memulai bisnis ini, modal awal rata-rata yang dikeluarkan untuk membeli mesin jahit yaitu sekitar 2 juta rupiah untuk mesin jahit dengan merk Singer atau Brother.

2. Bisnis makanan
Bisnis rumahan lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan berbisnis makanan atau menjual masakan matang. Untuk permulaan bisnis ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak karena target pasar Anda pada awalnya cukup difokuskan untuk lingkungan sekitar dahulu seperti tetangga atau lokasi-lokasi yang sekiranya cukup ideal untuk bisnis ini. Saat pangsa pasar mulai terbentuk dan konsumen Anda mulai mengenal usaha Anda, maka itulah saatnya bagi Anda untuk ekspan dan mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar lagi seperti dengan membuka cabang baru atau menambahkannya dengan menjual aneka jenis minuman ringan.

3. Membuka les privat
Jika Anda memiliki kemampuan akademis yang baik, misalnya menguasai bidang komputer, bahasa Inggris dan lain sebagainya, Anda bisa mencoba untuk membuka les privat dirumah. Usaha ini sama sekali tidak memberatkan dari segi ekonomi bahkan nyaris tanpa modal sama sekali dengan prospek dan untung yang cukup besar.

Target pasar Anda yang pertama adalah anak-anak sekolah di sekitar lingkungan Anda. Jika usaha les privat yang Anda lakukan dirumah telah berjalan, Anda pun bisa membuka jasa lainnya seperti jasa home schooling pada hari-hari tertentu.

4. Bisnis jual pulsa elektrik
Mungkin bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang paling digemari karena target pasarnya sangat luas terlebih lagi pada saat ini hampir semua orang memiliki gadget seperti handphone, iPhone atau smartphone sebagai sarana untuk berkomunikasi. Tentu bisnis ini salah satu dari sekian banyaknya bisnis rumahan dengan prospek yang menjanjikan. Untuk memulai membuka usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar, 1 juta rupiah saja cukup untuk memulainya.

5. Toko hewan peliharaan (pet shop)
Pet shop atau toko hewan peliharaan adalah salah satu bisnis yang tepat jika memang Anda juga termasuk orang yang menyayangi binatang. Jika modal Anda tidak terlalu besar, maka bisa dimulai dengan menjual pakan hewan ternak atau hewan peliharaan seperti makanan ayam, makanan burung, makanan kucing, makanan burung dan lain sebagainya.

6. Membuka warung atau toko sembako
Warung atau toko sembako merupakan salah satu tempat usaha yang tidak pernah sepi dikunjungi orang. Namun sebelum Anda memulainya, pastikan terlebih dahulu jika Anda memiliki modal yang cukup karena untuk membuka sebuah toko membutuhkan modal yang relatif besar. Sebagai salah satu referensi pengajuan kredit KTA, Anda mungkin bisa mempertimbangkan https://www.kreditaja.com sebagai salah satu referensi Anda untuk meminjam bantuan modal usaha atau kredit motor.

7. Bisnis jasa fotografi, editing atau cetak undangan
Bisnis ini mungkin lebih besar jika dibandingkan dengan bisnis rumahan lainnya. Meskipun demikian, bisnis ini cukup menjanjikan mengingat hampir setiap orang membutuhkan jasa ini. Namun yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka bisnis ini adalah promosi yang gencar sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan. Sebab tanpa promosi yang gencar, usaha ini cukup rawan akan kerugian.

8. Membuka jasa binatu atau laundry
Bisnis berikutnya yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda adalah membuka jasa binatu atau jasa laundry. Modal awal untuk bisnis ini terbilang cukup murah, bahkan akan jauh lebih murah lagi apabila Anda telah memiliki mesin cuci. Adapun persiapan yang Anda perlukan pada saat membuka bisnis ini dirumah antara lain adalah deterjen/sabun cuci, pewangi pakaian dan pamflet atau umbul-umbul untuk dipasang didepan rumah untuk keperluan promosi dan menarik daya tarik orang yang kebetulan melintas di depan rumah Anda.

8 bisnis rumahan yang menguntungkan sebagai usaha sampingan
Aneka bisnis rumahan yang menguntungkan
Demikianlah beberapa bisnis rumahan yang cocok diterapkan oleh Anda pada tahun 2014 ini sebagai usaha sampingan guna menambah pemasukan. Sebenarnya masih banyak lagi aneka bisnis rumahan lain yang bisa Anda coba, akan tetapi blog tips gaya hidup modern www.berjibaku.com akan memberikan inspirasi-inspirasi bisnis lainnya pada kesempatan-kesempatan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *