Sabtu, 08 Maret 2014

Tips memilih mainan anak bayi yang aman dan sesuai umur

Tips memilih mainan anak bayi yang aman dan sesuai umur. Untuk menemukan mainan anak bayi saat ini mungkin bukan lagi hal yang sulit karena selain Anda bisa membelinya langsung dari toko mainan anak, Anda pun bisa membelinya secara online. Melalui tempat-tempat tersebut Anda bisa dengan mudah menemukan begitu banyak pilihan mainan anak yang menarik serta menghibur. Meskipun demikian, pada kenyataannya tak semua mainan tersebut sesuai untuk anak-anak, terutama bagi Anda yang memiliki bayi kecil.

Untuk dapat memilih mainan yang paling ideal untuk untuk bayi, yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli adalah tingkat keamanan serta bahan yang digunakan oleh mainan tersebut. Bagi Anda yang masih bingung dan belum yakin dalam memilih mainan yang tepat bagi anak Anda, maka tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih mainan yang baik sekaligus aman untuk bayi. Berikut adalah tips memilih mainan anak bayi yang aman dan sesuai:

1. Mainan berukuran besar lebih baik
Mainan anak yang berukuran besar, umumnya lebih baik dibandingkan mainan yang memiliki bagian-bagian yang lebih kecil. Bayi sangat gemar untuk meletakkan apapun kedalam mulutnya, tak terkecuali mainan. Mainan yang memiliki bagian-bagian kecil memiliki kemungkinan resiko untuk tertelan. Oleh karenanya, pilihlah mainan anak yang memiliki ukuran besar karena cenderung lebih baik dibandingkan mainan yang kecil.

2. Pilihlah mainan yang ringan
Selain ancaman tersedak akibat mainan yang memiliki bentuk kecil, berat atau ringannya sebuah mainan juga menjadi salah salah pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli. Pilihlah mainan yang ringan sehingga apabila terjatuh tidak beresiko untuk menciderai sang bayi.

3. Pilihlah mainan dengan bentuk yang tumpul
Sebelum membeli, pastikan jika mainan tersebut tidak memiliki bagian tepi yang tajam sehingga dapat membahayakan keselamatan bayi Anda. Usahakan juga mainan tersebut tidak memiliki bagian-bagian kecil (kancing, mata, jahitan kecil, dll) lainnya yang dapat dengan mudah rusak atau copot karena bisa berbahaya bagi bayi terutama apabila tertelan.

4. Pilih mainan edukatif
Pilihlah mainan yang informatif dan edukatif yang mengandung unsur pembelajaran bagi anak Anda. Dengan memberikan mainan dengan model seperti ini maka otak anak akan semakin terlatih untuk berkembang. Contoh mainan-mainan edukatif yang bisa Anda pilih diantaranya misalnya mainan berbentuk hewan dan tulisan yang mampu mendorong mereka untuk berpikir kritis serta melibatkan koordinasi semua anggota tubuhnya.

5. Pilih mainan dengan warna yang disukai anak (berwarna cerah/mencolok)
Bayi memiliki kecenderungan untuk menyukai warna-warna tertentu yang umumnya berwarna terang dan mencolok. Oleh karenanya pilihlah mainan yang mengandung unsur warna-warna tersebut untuk menarik perhatiannya. Hal ini untuk mencegah bayi cepat bosan dengan mainan yang ada.

6. Pilih mainan untuk anak Anda, bukan untuk diri Anda sendiri
Saat memilih mainan, mungkin Anda menemukan sekelompok mainan lucu dan menggemaskan yang terpajang di etalase toko. Akan tetapi, meskipun mainan-mainan tersebut menggemaskan bagi Anda, sebaiknya pertimbangkan kembali kepada siapa mainan tersebut ditujukan, untuk bayi Anda atau jangan-jangan untuk diri Anda sendiri?. Tetap pikirkan fungsi dan keamanan mainan tersebut, itulah yang paling penting.

7. Lakukan inspeksi sebelum membeli
Lakukanlah inspeksi terhadap mainan yang akan dibeli. Caranya adalah dengan berpikir ala usia bayi Anda. Bayi mungkin akan menggigit cukup sering saat mereka tumbuh gigi. Jadi sebaiknya pilihlah mainan dengan bahan yang aman, kuat dan lentur yang tidak membahayakan. Upayakan juga untuk menghindari mainan yang memiliki unsur kawat atau benang lebih dari beberapa centimeter.

8. Pertimbangkan usia dan tahap perkembangan bayi Anda
Mungkin banyak dari Anda yang lebih memilih mainan yang memiliki fungsi jangka panjang, seperti misalnya membeli mainan untuk anak 2 tahun meskipun saat ini anak Anda baru berusia 1 tahun. Namun hal yang perlu untuk Anda ketahui adalah mencocokkan usia bayi dengan yang akan dibeli karena faktanya bayi di usia muda akan belajar lebih banyak baik dari segi motorik maupun perkembangan otaknya ketimbang anak yang telah besar.

9. Pilihlah mainan yang mudah untuk dibersihkan
Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah dengan memilih mainan yang mudah untuk dibersihkan. Bayi memiliki kecenderungan untuk menjatuhkan mainannya di hampir semua tempat bermainnya. Mainan yang mudah untuk dibersihkan akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda karena Anda tak perlu repot membersihkan mainan tersebut.

Mainan anak yang baik tidak mesti harus mahal karena sesungguhnya bayi bisa sangat terhibur dengan mainan yang murah, bagus sekaligus terjangkau namun menarik hatinya. Hal tersebut bisa dibuktikan saat bayi bermain dengan gelas atau piring plastik yang mampu membuat anak Anda sibuk selama berjam-jam.

Tips memilih mainan anak bayi yang aman dan sesuai umur

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *