Jumat, 14 Maret 2014

Tips dan panduan berbelanja dengan cara online

Tips dan panduan berbelanja dengan cara online. Semakin canggihnya teknologi nampaknya telah memberikan dampak yang besar dalam segala aspek kehidupan manusia. Kemajuan teknologi khususnya di bidang telekomunikasi seakan menjadi semacam "gerbang" yang menghantarkan kita pada suatu kemudahan dalam berkomunikasi dengan semua orang berkat jaringan internet, tanpa terbatas waktu dan tempat di seluruh dunia.

Berkat internet pulalah bisnis-bisnis baru di bidang e-commerce mulai berkembang, hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya toko-toko yang menjual berbagai macam barang-barang kebutuhan primer, sekunder maupun tertier yang dapat diakses dengan mudah secara online via internet kapan dan dimana saja.

Melalui toko-toko online ini pula kegiatan belanja dapat dilakukan dengan cara baru yang lebih modern tanpa harus datang langsung ke toko yang bersangkutan seperti halnya jika Anda berbelanja dengan sistem konvensional dimana pembeli dan penjual bertemu. Anda cukup hanya memesannya melalui website toko tersebut, pilih barang yang diinginkan, konfirmasi pembayaran dan tak lama berselang barang pun diantar hingga ke tempat tujuan.

Meskipun demikian, tentunya kehadiran toko online ini pun memberikan efek dua sisi dimana tak hanya membawa dampak yang positif akan tetapi juga dampak yang sebaliknya. Misalnya seperti ukuran barang pesanan yang tak sesuai, ongkos kirim yang mahal, kualitas barang yang tak sesuai dengan harapan dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, sebagai konsumen yang cerdas, Anda harus jeli dan teliti manakala ingin membeli barang secara online. Sebagai referensi bagi Anda saat berbelanja di toko online, maka berikut ini adalah beberapa tips dan panduan berbelanja dengan cara online dari Lamido.co.id yang dapat Anda lakukan:

1 . Temukan barang yang ingin Anda cari
Barang yang ada di toko online haruslah barang-barang yang memang benar-benar Anda cari dan sulit ditemukan di pasaran. Hal inilah yang membedakan toko online dengan toko konvensional. Toko online semestinya memiliki barang-barang yang unik, berkualitas, lebih murah dari harga di toko dan berbeda dengan barang-barang yang bisa Anda temukan di toko tradisional.

2 . Periksa kredibilitas website
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli secara online, maka pastikan terlebih dahulu kredibilitas website bersangkutan. Untuk mengetahuinya Anda bisa merujuk pada beberapa hal sebagai berikut:
  • Kesaksian dari pembeli
Perhatikan bagaimana kesaksian/testimonial dari para pembeli yang pernah bertransaksi di toko online tersebut. Testimonial bukan hanya bisa didapatkan pada website tersebut, akan tetapi Anda juga bisa mengeceknya melalui forum-forum dimana toko online tersebut melakukan promosi. Periksalah dengan seksama bagaimana toko online tersebut memberikan pelayanan serta tingkat kepuasan yang dapat diberikan kepada konsumen. 
  • Tampilan atau layout website
Tampilan atau layout website juga termasuk salah satu kriteria penting yang harus Anda cermati. Toko online yang dikelola dengan baik lagi terpercaya pasti memiliki website yang bagus, rapi, terstruktur dan jelas. Umumnya, toko online terpercaya selalu menggunakan domain TLD/berbayar (.com, .net, .co.id dan sebagainya) sebagaimana halnya website milik Lamido Marketplace yang tercatat dalam Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Hal ini bisa sebagai referensi bagi Anda untuk melihat atas nama siapa domain tersebut didaftarkan. 
  • Lokasi
Hal lain yang juga wajib Anda perhatikan adalah alamat lokasi tempat dimana toko tersebut beroperasi. Periksalah alamat yang bersangkutan beserta email atau telpon yang bisa dihubungi. Biasanya toko online yang dikelola secara profesional tidak hanya mencantumkan nomer handphone saja, akan tetapi juga nomer kantor dan fax dari toko online tersebut.

3. Waktu pengiriman barang pesanan
Biasanya penjual atau dalam hal ini admin toko online akan memberikan detail waktu pengiriman barang yang dipesan oleh pembeli beserta dengan biaya pengirimannya. Lamanya pengiriman juga tergantung pada lokasi serta tempat tinggal pembeli.

Demikianlah beberapa tips dan panduan berbelanja dengan cara online yang dapat Anda lakukan. Selalu berhati-hati dengan hanya berbelanja di toko online yang terpercaya. Selamat berbelanja!.

Tips dan panduan berbelanja dengan cara online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *