Jumat, 12 September 2014

Penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut serta nafas tak sedap

Tips dan cara menghilangkan bau mulut yang efektif. Bau mulut memang terasa cukup mengganggu, terutama bagi mereka yang memang memiliki keseharian yang berhubungan dengan komunikasi verbal jarak dekat. Dengan aroma mulut yang kurang sedap, tentu secara langsung ataupun tidak langsung akan memberikan dampak yang negatif terutama bagi rasa percaya diri mereka.

Untuk menghilangkan aroma nafas dan tak sedap bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, namun sebelum mengulas lebih jauh mengenai bau mulut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa aroma nafas dan bau mulut ini kerap muncul.

Faktor penyebab bau mulut

1. Tidak sarapan
Perut yang kosong cenderung membuat mulut menjadi bau. Hal tersebut disebabkan oleh kadar enzim di mulut dan lambung yang meningkat saat perut kosong. Oleh karenanya, Anda bisa sebaiknya mengkonsumsi sarapan saat pagi.

2. Kebersihan mulut, sariawan dan gigi berlubang
Faktor lainnya adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik dapat memicu berbagai masalah lain seperti sariawan hingga gigi berlubang. Untuk itu, biasakanlah membersihkan mulut dan gigi minimal 2 kali atau setiap habis makan atau mau tidur.

3. Mulut kering
Mulut yang kering juga bisa menjadi pemicu timbulnya bau mulut. Contoh paling sederhana bau mulut akibat mulut kering atau dry mouth adalah pada saat bangun tidur di pagi hari. Kurangnya air liur disaat tidur malam ini akhirnya membuat aroma nafas menjadi tak sedap.

4. Indikasi penyakit dalam
Penyakit yang mungkin di idap oleh seseorang juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bau mulut. Misalnya penyakit yang berhubungan dengan asam lambung, paru-paru, flu, pilek, sakit tenggorokan dan berbagai macam penyakit dalam lainnya.

Cara mengatasi bau mulut tak sedap

1. Gosok gigi
Gosoklah gigi secara rutin setiap hari. Jumlahnya terserah Anda, namun usahakan lebih dari 2x terutama sehabis makan atau menjelang tidur.

2. Minum air putih
Perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Selain membuat badan sehat dan menyegarkan, mengkonsumsi air putih juga baik untuk mencegah kekeringan pada mulut atau dry mouth yang dapat memicu timbulnya bau mulut.

3. Konsumsi teh pahit
Mengkonsumsi minuman teh pahit juga bisa mengatasi bau mulut. Khasiat teh pahit disebabkan oleh kandungan anti oksidan didalam teh yang disebut dengan polifenol. Unsur zat inilah yang dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut.

4. Berkumur dengan larutan antiseptik untuk mulut (mouth wash)
Cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berkumur menggunakan larutan antiseptik atau mouth wash. Selain praktis untuk digunakan, larutan ini juga cukup mudah untuk didapatkan.

5. Yoghurt tanpa pemanis
Menurut sebuah penelitian, yoghurt memiliki efek yang sangat baik untuk menghilangkan bau mulut. Selain untuk mencegah munculnya aroma mulut yang tak sedap, yoghurt yang kaya akan gizi ini juga dapat mengurangi plak dan karang gigi.

6. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang berbau tajam
Mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang cenderung berbau menyengat. Selain makanan dengan aroma menyengat, makanan dengan bumbu yang berbau tajam juga sebaiknya dihindari.

7. Mengkonsumsi permen karet dengan ekstrak daun mint
Daun mint adalah daun yang banyak digunakan terutama untuk bahan permen karet karena memiliki efek untuk mengurangi bau mulut dan sekaligus menyegarkan mulut. Mulailah untuk mengkonsumsi permen karet dengan kadar gula yang rendah.

8. Konsumsi buah
Selain membuat badan menjadi sehat dan lebih segar, mengkonsumsi buah juga bisa mencegah mulut kering yang dapat memicu munculnya bau mulut. Selain bagus untuk mulut, serat dan kandungan vitamin yang terdapat didalam buah-buahan juga baik untuk tubuh secara keseluruhan terutama pada bagian pencernaan.

Selain tips menghilangkan bau mulut, Anda juga dapat menyimak tips lain seputar kesehatan yang pernah di terbitkan oleh www.berjibaku.com, salah satunya adalah tips ampuh menghilangkan bau kaki.

Penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut dan nafas tak sedap
Tips menghilangkan bau mulut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *