Jumat, 12 September 2014

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pindah kerja

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pindah kerja. Pindah dari pekerjaan sebelumnya ke pekerjaan yang baru memang tidak mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi Anda belum banyak mengetahui profil maupun posisi yang nantinya Anda jalani di perusahaan yang baru. Oleh sebab itu, alangkah bijaksananya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu baik dan buruknya sebelum mengambil keputusan untuk pindah ke pekerjaan baru.

Pindah kerja merupakan hal yang wajar bagi tiap karyawan. Bahkan justru menjadi sesuatu yang baik untuk dilakukan sebagai langkah guna meningkatkan status, jabatan dan juga gaji. Meskipun demikian, tentu harus dibarengi dengan konsekuensi yang juga harus Anda tempuh. Oleh karenanya, jika pada saat ini Anda tengah mendapatkan tawaran pekerjaan di perusahaan lain namun bingung harus bagaimana dalam mengambil keputusan, maka berikut adalah tips mengenai pertimbangan sebelum pindah kerja yang bisa Anda lakukan.

1. Cari tahu alasan mengapa Anda ingin pindah kerja
Sebelum Anda memutuskan untuk pindah kerja, cobalah tanyakan terlebih dahulu kepada diri Anda alasan terkuat yang melandasi keinginan Anda untuk pindah. Apakah Anda sudah mulai jenuh dengan pekerjaan yang kini Anda lakukan?. Apakah Anda kurang nyaman dengan lingkungan kerja, teman atau atasan?. Apakah Anda menginginkan perubahan karir dalam hidup Anda dan lain sebagainya.

Hal ini penting untuk Anda lakukan sebagai langkah afirmasi terhadap diri Anda sendiri dan mengetahui apakah alasan tersebut cukup kuat bagi Anda untuk melangkah ke pekerjaan yang baru.

2. Cari tahu seputar profil perusahaan baru
Dengan internet, tentu adalah hal yang mudah untuk mengetahui segalanya, begitu juga untuk mengetahui profil atau informasi mengenai perusahaan baru yang mungkin menawarkan Anda untuk bergabung. Carilah informasi selengkapnya di berbagai sumber di internet, forum-forum atau testimonial orang-orang yang mungkin pernah bergabung di perusahaan tersebut sebagai referensi awal bagi Anda sebelum memutuskan untuk bergabung.

Selain sebagai pertimbangan, hal ini juga bisa menjadi tips wawancara kerja yang penting karena HRD biasanya memberikan pertanyaan wawancara kerja kepada kandidat seputar pengetahuannya terhadap profil perusahaan yang dilamar.

3. Bandingkan dengan perusahaan lama
Tak ada salahnya dengan perbandingan karena dengan sebuah perbandingan yang ekual, tentu akan didapatkan hasil yang objektif pula mengenai segala hal, termasuk juga dengan pekerjaan. Jadikanlah perusahaan baru serta posisi baru sebagai pembanding dari perusahaan Anda sekarang dan posisi yang saat ini Anda jalani. Lihat, pelajari dan cermati ruang lingkup perusahaan, seberapa besar perusahaan tersebut, seberapa luas pangsa pasarnya serta potensi perusahaan terhadap efek karir jangka panjang Anda.

4. Pikirkan status, jabatan, gaji, jarak tempuh, kebijakan dan lainnya
Memikirkan status, jabatan, gaji, kebijakan dan lain sebagainya adalah hal yang realistis dan sah-sah saja untuk Anda lakukan. Jika secara garis besar perusahaan yang baru ternyata lebih baik, tentu Anda tak perlu lagi untuk berpikir panjang. Segera update surat lamaran menjadi lebih baik lalu ambil kesempatan tersebut kemudian pergunakan dengan sebaik-baiknya.

5. Tantangan atau pelarian
Tanyakanlah kepada diri Anda, apakah pekerjaan baru yang nantinya Anda akan ambil merupakan sebuah tantangan ataukah hanya sekedar pelarian dari rutinitas saat ini yang kerap membuat Anda bosan. Alangkah bijaksananya jika Anda menyikapi pekerjaan baru sebagai sebuah tantangan karena ditempat yang baru Anda bisa lebih menjadi diri Anda sendiri, lebih ekspresif, lebih mudah dalam mengembangkan ide-ide baru serta jenjang karir yang baru.

Demikianlah tips sederhana dari www.berjibaku.com bagi Anda yang saat ini tengah mempertimbangkan untuk pindah kerja. Semoga bermanfaat dan selamat berkarir.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pindah kerja
Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pindah kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *