IBX5A2F9222D4AE8

Jumat, 12 September 2014

Sejarah piala dunia (world cup)

Sejarah piala dunia (world cup). Ide pembentukan piala dunia pertama kali bermula pada tahun 1904 di Paris, Perancis. Ide ini kemudian berlanjut dan ditetapkan pada kongres FIFA di Barcelona, Spanyol pada tanggal 17-18 Mei tahun 1928 yang akhirnya menghasilkan keputusan bahwa Uruguay untuk menjadi penyelenggara piala dunia pertama kali yang berlangsung pada 13 hingga 30 Juli 1930. Uruguay didaulat menjadi tuan rumah setelah proses seleksi yang juga melibatkan negara calon tuan rumah lainnya yaitu Hungaria, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Italia.

Piala dunia pada masa itu masih bernama Jules Rimet yang diadakan 4 tahun sekali. Ide pemberian nama Jules Rimet sendiri adalah merupakan nama yang diambil dari presiden persatuan sepak bola Perancis atau FFFA bersama dengan rekannya Henri Delaunay. Dalam kompetisi perdana tersebut, ada 13 negara yang dilibatkan sekaligus menjadi partisipan resmi piala dunia yang diadakan untuk pertama kalinya tersebut. 6 negara yang turut berpartisipasi berasal dari Amerika Selatan, 5 negara lainnya dari Eropa dan 2 negara lagi berasal dari Amerika Utara.

Piala dunia official FIFA pertama kali berhasil dimenangkan oleh Uruguay yang sekaligus menjadi tuan rumah dengan mengalahkan Argentina dengan hasil skor 4-2. Pada final piala tersebut, diperkirakan sebanyak 93.000 supporter memadati Stadion Montevideo yang datang berduyun-duyun untuk menyaksikan terciptanya sejarah persepakbolaan terbesar didunia untuk pertama kalinya.

Event piala dunia sempat dihentikan selama 12 tahun dikarenakan PD II dan diadakan kembali di Brazil pada tahun 1950. Sebelum diadakan, negara calon peserta piala dunia terlebih dahulu melalui proses kualifikasi yang diselenggarakan oleh masing-masing konfederasi negara dan diselenggarakan paling cepat 3 tahun atau paling lambat 2 tahun sebelum finalisasi turnamen.

Piala dunia Brazil 2014 adalah event piala dunia ke-20 yang diselenggarakan oleh FIFA. Tahun 2014 adalah kali kedua bagi Brazil sebagai tuan rumah semenjak turnamen pertama yang diselenggarakan di negara tersebut tahun 1950, sedangkan turnamen terakhir yang dilakukan di Amerika Selatan bertempat di Argentina pada tahun 1978. Keputusan FIFA untuk menjadikan Brazil sebagai tuan rumah piala dunia 2014 sekaligus menjadikan Brazil sebagai satu-satunya negara di Amerika Selatan yang pernah menyelenggarakan piala dunia sebanyak 2 kali.

Pada turnamen piala dunia kali ini, Brazil akan menyelenggarakan 64 gelaran pertandingan yang disebar di 12 kota di Brazil. Stadion piala dunia 2014 Brazil yang akan digunakan beberapa diantaranya merupakan stadion baru dan sebagian lagi adalah stadion yang direnovasi dan dipugar kembali. Selain menjadi satu-satunya negara di Amerika Selatan yang menyelenggarakan turnamen piala dunia sebanyak 2 kali, pada tahun 2014, final pertandingan piala dunia juga akan menggunakan teknologi garis gawang untuk pertama kalinya yang sekaligus menjadi tonggak sejarah baru dunia sepakbola di bidang teknologi.

Logo piala dunia 2014 Brazil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *