Kamis, 09 Januari 2014

Tips sukses melakukan diet yang sehat

Tips sukses melakukan diet yang sehat. Mungkin Anda pernah membaca literatur mengenai bagaimana cara diet sehat yang dapat menghasilkan efek dengan cepat. Dan kesimpulan yang mungkin bisa Anda tarik dari literatur tersebut adalah dengan mengkonsumsi sedikit makanan dan melakukan olahraga sesering mungkin. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar tapi juga tidak sepenuhnya salah karena pada dasarnya setiap orang memiliki persepsi mengenai diet yang mereka lakukan.

Secara harfiah, diet memiliki makna mengatur pola makanan yang dikonsumsi setiap harinya dengan cara yang sehat dan proporsional namun bisa berefek pada pengurangan berat badan secara natural dan alami.

Mungkin secara teori hal ini mudah-mudah saja untuk dilakukan, namun pada kenyataannya banyak orang yang telah menjalankan berbagai macam teknik program diet namun belum mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan diet yang sehat dan benar?. Berikut adalah beberapa tips diet sehat yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda lakukan manakala tengah melakukan program diet sehat.

1. Tetap konsumsi sarapan
Sarapan merupakan aktifitas awal di pagi hari yang dibutuhkan tubuh untuk merubahnya menjadi energi. Menghindari sarapan justru dikhawatirkan dapat membuat konsumsi makan siang atau makan malam menjadi semakin bertambah banyak dan tidak proporsional. Oleh karenanya sarapanlah di pagi hari dengan menu sehat dengan porsi yang normal.

2. Konsumsi air minum minimal 8 gelas sehari
Untuk menjaga tubuh dari dehidrasi, tentu dibutuhkan cairan dalam bentuk air minum. Begitu pentingnya arti air bagi tubuh dan kesehatan, sehingga jika pada saat ini Anda tengah melakukan diet, maka akan sangat baik jika Anda meminum 1 atau 2 gelas air putih sebelum makan.

3. Kurangi porsi makan tapi tambah intensitasnya
Tubuh memerlukan asupan nutrisi untuk diolah menjadi energi yang bersumber dari makanan. Makan dengan porsi yang lebih sedikit daripada sebelumnya tapi dengan intensitas yang sering terbukti bisa menurunkan berat badan dengan cepat selama Anda tetap mengkonsumsi makanan yang menyehatkan.

4. Jangan makan sebelum menjelang tidur
Biasakanlah untuk tidak mengkonsumsi makanan menjelang tidur sebab makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh akan menyisakan tumpukan lemak penyebab obesitas, terutama makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan dan protein yang tinggi. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah karena buah sifatnya lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh dan cocok sebagai salah satu menu makanan untuk diet sehat.

5. Pilih cemilan sehat
Jika memang Anda merupakan seseorang yang memiliki hobi memakan makanan kecil, mulai saat ini pilihlah jenis makanan kecil atau cemilan rendah kalori yang menyehatkan. Makanan-makanan kecil ini bisa Anda dapatkan dari jagung, kacang dan makanan lainnya.

6. Olah raga
Lakukan olah raga secara rutin dan teratur tanpa harus memaksakan kondisi badan. Lakukan dengan durasi yang cukup karena apabila olahraga dilakukan secara berlebihan malah justru bisa memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh dan bisa menyebabkan cedera pada bagian-bagian tertentu dari tubuh.

Demikianlah beberapa tips sehat yang dapat Anda lakukan saat melakukan diet yang bisa Anda coba.

Tips sukses melakukan diet secara sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *