Jumat, 31 Januari 2014

Makanan berkalori rendah yang baik untuk diet dan kesehatan

Makanan berkalori rendah yang baik untuk diet dan kesehatan. Mungkin banyak dari Anda yang senang dan tak bisa menolak makanan kecil bernama camilan saat malam, terutama sebagai teman yang paling asyik saat menonton televisi.

Sebenarnya makanan kecil bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang diet karena selama pemilihan makanan kecil tersebut benar, maka camilan justru baik bagi kesehatan. Nah, bagi Anda yang hobi ngemil dan tak ingin menjadi gemuk, maka berikut ini adalah makanan berkalori rendah yang baik untuk diet dan kesehatan yang bisa Anda jadikan "teman" Anda saat bersantai.

 1. Apel
Apel merupakan buah yang hampir disukai setiap orang karena selain memiliki rasa manis yang segar, buah ini juga rendah kalori sekaligus menyehatkan. Kandungan kalori dalam 1 buah apel berjumlah sekitar 100 kalori. Buah ini memiliki banyak serat serta antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari polusi dan kolesterol jahat.

2. Kacang almond
Sebagai mana kacang-kacangan lainnya, kacang almond memberikan efek yang mengenyangkan dan memberikan nutrisi yang cukup banyak bagi tubuh namun tetap rendah kalori. Jika Anda mengkonsumsi 14-15 butir almond hanya akan menghasilkan 98 hingga 100 kalori saja atau setara dengan 1 buah apel.

3. Kacang kulit
Tahukah Anda jika kacang kulit adalah makanan sehat yang ternyata baik bagi tubuh?. Kacang tanah mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah makan. Selain fungsinya sebagai pengontrol gula darah, jika Anda mengkonsumsi 20-25 butir kacang kulit, maka kalori yang terkandung didalamnya hanya berjumlah 74-80 kalori saja atau lebih sedikit dari apel dan kacang almond. Meskipun kalori yang terkandung didalam kacang kulit cukup rendah, namun kacang kulit memiliki jumlah glikemik yang yang rendah pula sehingga Anda akan merasa kenyang jika mengkonsumsi camilan jenis ini. Di samping itu, kacang kulit juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bisa mengenyangkan perut.

4. Anggur
Buah anggur jika dijadikan camilan bisa memberikan efek mengenyangkan walaupun dengan kalori yang terbilang rendah. Jika Anda mengkonsumsi sebanyak 30 buah anggur, maka kandungan kalori yang masuk kedalam tubuh hanya berkisar sekitar 100 kalori saja. Selain bagus untuk camilan, khasiat buah anggur juga dapat membantu mengatasi anemia atau kurang darah, rasa lelah, persendian yang nyeri serta mengurangi resiko asam urat.

5. Melon
Sepotong irisan buah melon mengandung sekitar 90 kalori. Buah ini sangat tepat untuk camilan serta menu diet yang sehat sekaligus mengenyangkan saat malam.

6. Tomat
1 buah tomat memiliki mengandung sekitar 74 kalori. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus untuk diminum. Tomat adalah buah yang kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh penyebab penyakit kanker.

7. Cherry
Buah ini mungkin tidak terlalu familiar bagi Anda apalagi untuk dijadikan camilan. Meskipun demikian, buah merah nan manis ini memiliki kandungan vitamin tinggi dan memiliki kandungan lemak yang rendah. 25 butir buah cherry hanya mengandung mengandung sebesar 100 kalori atau setara dengan 1 buah apel segar ataupun seiris buah melon.

8. Pear
Kandungan kalori pada buah pear sama dengan apel, yaitu sebesar 100 kalori.

9. Oat
Oat yang terbuat dari gandum ini dapat dibuat menjadi sarapan yang baik sekaligus camilan yang baik saat malam. Agar lebih enak, Anda juga bisa menjadi kue tanpa pemanis. Untuk mendapatkan manis dan gurih yang semu, Anda bisa menggunakan kismis dan mentega. Sepotong kue oat hanya memiliki kandungan 100 kalori. Selain minim kalori, oat juga baik untuk sistem percernaan serta mengatasi kandungan lemak yang terdapat didalam tubuh.

10. Kiwi
Kiwi merupakan buah yang berasal dari Selandia Baru. Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi namun rendah kalori. Dua buah kiwi hanya memiliki kandungan 58 kalori.

Nah, jika Anda merupakan tipe orang yang gemar dengan camilan, maka camilan-camilan diatas merupakan makanan berkalori rendah yang cocok untuk diet sehat Anda.

Makanan camilan berkalori rendah yang sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *