Doa niat puasa Ramadhan selama sebulan dan niat harian

/ On : 02.31/ Thank you for visiting Berjibaku.Com
Doa niat puasa Ramadhan selama sebulan dan lafaz niat harian. Marhaban Ya Ramadhan, saatnya telah datang bagi kaum muslimin dan muslimat untuk menunaikan ibadah berpuasa di bulan suci Ramadhan. Bagaimana persiapan Anda untuk menghadapinya, apakah Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan sempurna termasuk dengan niatnya?.

Jika belum, maka melalui artikel ini, media informasi dan berita online - www.spektrumdunia.com akan berbagi doa niat puasa Ramadhan bagi Anda yang membutuhkan atau bahkan mungkin bagi Anda yang belum mengetahuinya.

Sedianya puasa adalah merupakan ajang bagi kaum muslimin untuk semakin meningkatkan ibadah serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengapa demikian?. Berikut adalah beberapa alasannya:

Pertama, bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial karena pada bulan ini Al-Qur'an diturunkan pertama kalinya. Dan yang lebih istimewanya lagi, selain kitab suci umat Islam ini, kitab-kitab suci lainnya juga diturunkan pada bulan yang sama.

Kedua, puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi semua umat muslim di dunia selama satu bulan penuh. Keistimewaan Ramadhan juga diperkuat oleh Al-Qur'an yang hanya menyebutkan Ramadhan sebagai satu-satunya bulan yang disebut dalam Al-Qur'an. (QS al-Baqarah [2]: 185).

Ketiga, bulan Ramadhan adalah bulan di mana malaikat Jibril menemui Nabi SAW dan mengajaknya bertadarus bersama dari awal hingga akhir.

Keempat, Ramadhan adalah bulan suci dimana semua pintu berkah dan segala rahmat serta kebaikan dibuka selebar-lebarnya kepada kaum muslimin yang bertakwa.

Kelima, Allah menjanjikan syurga kepada hambanya yang berpuasa di bulan Ramadhan hanya semata-mata karena iman dan mengharapkan keridhoan dari-Nya. 

Keenam, bulan Ramadhan sedianya menjadi bulan dimana umat Islam dianjurkan untuk membelanjakan hartanya di jalan kebaikan serta memperbanyak bersedekah kepada fakir miskin dan orang-orang yang tidak mampu.

Ketujuh, shaum atau berpuasa pada hakikatnya adalah guna melatih diri untuk menjadi manusia yang lebih bertakwa dan jauh lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan kita dituntut untuk senantiasa bersikap sabar, berperilaku bijak dan mampu menahan segala emosi disamping juga menahan lapar dan dahaga di bulan suci ini. 

Kedelapan, hanya di bulan Ramadhan-lah setiap kebaikan dan ibadah akan dilipat gandakan pahalanya.

Kesembilan, bulan Ramadhan ditutup dengan hadirnya Idul Fitri. Inilah Hari Kemenangan bagi seluruh umat Islam karena pada hari inilah datangnya kegembiraan serta kebahagiaan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Beberapa niat berpuasa ini bisa dilakukan dimana saja dan dapat dipilih yang mana saja selama memenuhi syarat-syarat sah niat berpuasa. Jika untuk niat puasa sebulan penuh adalah dilakukan pada awal bulan puasa yang langsung dirangkap (niatnya) untuk berpuasa selama sebulan. 

Adapun beberapa sumber yang menjadi sumber rujukan atau referensi dari artikel yang berjudul Doa niat puasa Ramadhan selama sebulan dan lafaz niat harian ini beberapa diantaranya merujuk dari wikipedia (http://ms.wikipedia.org/wiki/Ibadat_puasa) serta beberapa sumber dari berbagai media yang bisa dipercaya.


Dan tibalah kini kita di bulan suci Ramadhan dimana begitu banyak keberkahan serta limpahan segala kebaikan dari Allah bagi seluruh umat muslim di dunia yang menjalankan ibadah puasa. Dan sungguhlah sebuah kesempatan besar serta keberuntungan apabila kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan yang sejatinya kesempatan ini tidak di sia-siakan sebagaimana firman Allah SWT:

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ
Jika telah masuk bulan Ramadhan terbukalah pintu-pintu langit, dan tertutup pintu-pintu neraka jahannam, serta syaitan-syaitan dibelenggu”

  • Bacaan doa niat puasa Ramadhan sebulan:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa
"Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala"

  • Bacaan doa niat puasa Ramadhan harian:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita'ala

"Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala".

Demikianlah sedikit sharing yang bisa saya berikan pada artikel bacaan niat puasa Ramadhan selama sebulan dan lafaz niat harian kali ini dan semoga ada manfaatnya bagi para pembaca dan semoga juga puasa kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT.

Selain memberikan informasi mengenai doa niat puasa, sebagai tambahan sekaligus pelengkap, www.berjibaku.com - media informasi dan berita online juga memberikan referensi menarik seputar resep menu sahur sehat dan praktis untuk diaplikasikan pada saat menjelang sahur serta jadwal puasa Ramadhan dan Imsakiyah 2014 selengkapnya pada artikel yang pernah diterbitkan pada kesempatan sebelumnya.

0 comments:

Cari artikel

Memuat...
Berjibaku.com adalah sebuah tempat dimana Anda dapat menemukan dan membaca artikel-artikel wawasan yang mungkin bermanfaat dan menarik untuk dibaca.

Artikel terbaru

Like us